FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Mengenal Mikronutrien untuk Anak




Mikronutrien merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, enzim, dan juga mengatur sistem imun dalam tubuh. Nutrien ini disebut mikro, karena memang hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Namun, Dr. Jorg Spieldenner, MD, MAS, M.Sc, Head of Public Health, Nutrition Department Nestle Research Center, Swiss, mengatakan meski dibutuhkan dalam jumlah sedikit, mikronutrien sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan mikronutrien akan menimbulkan banyak kerugian dan ancaman kesehatan bagi tubuh anak.

Mikronutrien memang penting bagi tumbuh kembang anak. Contohnya, mineral mangan (Mn) sangat berguna bagi pembentukan tulang dan energi. Ada juga sodium yang mengatur kadar pH dalam darah dan menjaga keseimbangan cairan. Sedangkan magnesium dapat membantu tubuh mengubah glukosa menjadi energi.


Mikronutrien juga tidak sulit untuk ditemukan kok, Moms. Kalsium dapat ditemukan pada susu, yogurt, bayam, atau ikan sarden. Vitamin B12 dapat Anda temukan di daging sapi, ikan, telur, dan keju. Untuk seng, Moms dapat menemukannya di daging sapi, kalkun, dan kacang kacangan. Sedangkan potasium, dapat ditemukan di pisang, bayam, kentang, dan aprikot. Anda juga dapat mencoba buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, misalnya jeruk, brokoli, dan pisang. Selamat berkreasi dengan menu kaya mikronutrien untuk Si Kecil ya, Moms! (Seva/TW/Dok. M&B UK)