FAMILY & LIFESTYLE

Pentingnya Ventilasi Udara bagi Kesehatan



Saat ini, dengan adanya pendingin ruangan (AC) membuat beberapa rumah modern dibangun dengan ventilasi udara yang sedikit, atau hanya terdapat di beberapa sisi rumah saja. Padahal, rumah yang tidak memiliki ventilasi untuk pertukaran udara ini dapat membahayakan kondisi kesehatan penghuninya, lho.

Di dalam rumah terdapat banyak polutan seperti asap rokok, semprotan anti serangga, semprotan parfum, dan jenis polutan lainnya. Macam-macam polutan tersebut dapat memperburuk kualitas udara yang ada di dalam rumah, dan tentu saja dapat membahayakan kesehatan keluarga. Bagaimana tidak, udara yang masuk ke dalam rumah itu sudah bercampur polutan, dan karena tidak ada perputaran dengan udara segar, maka Anda menghirupnya terus-menerus.

Jika Anda memiliki alergi atau asma, polutan dalam rumah yang tidak berganti dengan udara segar akan dapat memperparah kondisi Anda. Tidak hanya Anda, kondisi Si Kecil juga akan terpengaruh akibat polutan yang mereka hirup.

Walaupun di dalam rumah Anda sudah terdapat pendingin ruangan, hal itu tidak menjadikan rumah Anda bersih dari polutan udara lho, Moms! Justru penggunaan AC yang diaktifkan setiap saat memberikan beberapa dampak buruk. Misalkan saja kulit menjadi lebih kering, berisiko mengalami konjungtivis dan blepharitis, nyeri pada otot, serta flu dan batuk.

Ada baiknya, Anda memilih rumah yang memiliki banyak jendela atau saluran ventilasi lainnya, agar rumah Anda memiliki ruang untuk angin segar masuk ke dalam rumah. Jangan lupa untuk membuka jendela di pagi hari, saat udara masih sangat segar, Moms. Menghirup udara segar sangat banyak manfaatnya. Misalkan saja dapat meningkatkan sistem imun, mengusir stres, serta dapat meningkatkan energi. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati? (Adonia Putri/TW/Dok.Freedigitalpotos.net)