FAMILY & LIFESTYLE

Ibu Lebih Stres saat Mengasuh Anak Dibanding Ayah



Studi terbaru dari sosiolog di Universitas Cornell menunjukkan bahwa wanita yang menghabiskan waktu dengan anak-anaknya mengalami ketegangan emosional dibandingkan pria. Mereka juga mengalami gangguan tidur serta sedikit waktu luang bagi dirinya dibandingkan dengan pasangannya.

Bukan menuding Moms tidak menikmati hidupnya menjadi seorang ibu. Melainkan, hal ini memperlihatkan bahwa Moms terlibat lebih banyak dalam pengasuhan anak dalam hal yang tidak terlalu menyenangkan dibandingkan Dads.

Dengan kata lain, wanita lebih banyak menghabiskan waktu dalam merawat anak, terkait tugasnya. Sementara, pria lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain dan melakukan aktivitas luar yang menyenangkan dengan anak-anaknya dan dikategorikan memiliki kadar stres rendah.

Menurut Kelly Musick, associate profesor analisis kebijakan dan manajemen, tidak berarti Moms sangat tertekan dengan anak-anaknya. Tetapi, bila dibandingkan Dads, mereka mengalami lebih banyak tekanan saat mengasuh Si Kecil sendirian. Selain itu, wanita memiliki tingkat kebahagiaan lebih rendah, lebih stres, dan mengalami kelelahan lebih tinggi, selama masa pengasuhan tersebut.

Hasil riset yang dipublikasikan dalam American Sociological Review ini menunjukkan bahwa kebanyakan waktu yang diluangkan ayah dengan anak-anaknya adalah ketika ada ibu di antara mereka. Artinya, pria lebih sedikit berurusan dengan pengasuhan sendiri dibandingkan wanita.

Nah, supaya lebih seimbang, tak ada salahnya Dads mencoba untuk mengasuh Si Kecil sendirian, tanpa kehadiran Moms. Anggap saja, Dads memberi waktu luang bagi Moms untuk beristirahat. (Dee/OCH/Dok. Freedigitalphotos)