FAMILY & LIFESTYLE

4 Fungsi Lidah Buaya untuk Anda dan Anak



Lidah buaya pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda ya, Moms. Selain enak dikonsumsi, khasiatnya untuk rambut juga sudah diketahui secara turun temurun. Tidak hanya itu, lidah buaya juga berguna bagi para ibu dan bayi. Berikut kegunaan lidah buaya yang belum Anda ketahui.

Melembabkan Kulit Bayi yang Kering dan Iritasi

Gel dari tanaman lidah buaya mengandung banyak vitamin E yang baik untuk kulit Si Kecil, saat ia mengalami kulit kering dan gatal. Gel ini juga bisa digunakan pada diaper rash atau eksim. Karena kandungan air yang tinggi, yaitu 96 persen, kulit bayi dapat bernafas. Aplikasikan gel beberapa kali pada kulit, tunggu hingga mengering. “Walaupun tidak mengandung obat-obatan dan tidak bisa menyembuhkan kulit. Aloe vera membantu meringankan gejala–gejalanya,” jelas CEO British Skin Foundation, Matthew Patey, seperti dikutip dari Mother&Baby UK.

Penyembuh Alami

Lidah buaya mengandung zat bernama B-sitosterol yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan melawan infeksi. Anda dapat menggunakannya untuk mengobati luka gores atau saat kulit terbakar matahari.

Mengurangi Stretch Mark

Untuk Anda yang baru melahirkan, lidah buaya dapat membantu menyamarkan stretch mark karena mengandung kolagen yang memperbaiki kerusakan kulit. Aplikasikan gel setiap hari, tunggu hingga 2 jam sebelum mencucinya.

Memperlancar Pencernaan

Lidah buaya juga baik untuk pencernaan lho, Moms. Apalagi beberapa ibu kesulitas untuk buang air besar setelah melahirkan. Hal ini karena lidah buaya mengandung senyawa pencahar seperti barbaloin, alon, dan aloe-emodin. Untuk pencernaan, Anda dapat mengolahnya menjadi jus agar lebih cepat terserap. Konsumsi 2 sendok makan per hari. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)