TODDLER

Perhatikan 6 Hal Ini saat Menegur Anak



Moms, menerapkan disiplin harus dilakukan sejak dini. Kalau Si Kecil berbuat salah atau melanggar aturan yang telah Anda tetapkan, maka jangan sungkan menegurnya. Kenapa? karena menegur adalah metode yang baik dalam membina disiplin sekaligus melakukan koreksi terhadap perilaku buruknya tersebut.

Nah, saat paling baik untuk menegur Si Kecil adalah saat atau segera setelah ia melakukan kesalahan. Dikutip dari Buku Pintar Mengasuh Batita oleh dr. Suririnah, dengan segera menegur anak maka ia dapat memahami hubungan antara teguran dan kesalahan yang telah dilakukannya. Sebaiknya, teguran hanya diberikan untuk hal penting saja dan hindari menegur anak untuk masalah yang ringan. Terlalu sering menegur anak malah akan memberi pengaruh negatif lho, Moms. Si Kecil jadi takut salah, pasif, pemarah bahkan tidak peduli.

Beberapa hal yang sebaiknya Moms perhatikan saat menegur anak yaitu:

1) Setiap anak punya kepribadian berbeda, jadi saat memberikan teguran sebaiknya sesuaikan dengan karakter anak.

2) Pastikan anak mendengarkan Anda dengan penuh perhatian. Pandang wajahnya dan usahakan terjadi kontak mata antara Anda dan anak.

3) Bicaralah dengan suara lembut namun tegas dan jelaskan kepada anak kesalahan yang telah diperbuat. Berikan penjelasan yang mudah dipahaminya ya, Moms dan hindari melecehkannya.

4) Tunjukkan akibat-akibat yang mungkin timbul bila anak meneruskan perilakunya.


5) Bicaralah dengan bahasa yang sesuai tahap perkembangan anak dan pemahamannya sehingga ia bisa mengerti.

6) Terakhir, jangan lupa memastikan anak telah memahami apa yang Anda katakan ya, Moms.


Semoga berhasil! (Meiskhe/HH/dok.Freepik)