BABY

Bayi Lahir dengan Tiga Kaki

bayi lahir dengan tiga kaki


Seorang bayi perempuan di Cina dilaporkan lahir dengan 3 kaki yang melekat di antara kedua kakinya. Kini, orangtua Sang Bayi sibuk mencari bantuan dana untuk merawat putrinya yang lahir dengan organ tubuh 'tambahan' di Xingtai, Provinsi Hebei, China Utara. Bayi tersebut awalnya sempat dibuang oleh Sang Ibu di sebuah panti asuhan setempat. Namun, Sang Ibu didera rasa bersalah, dan mengambil kembali anak pertamanya itu.

Menurut sumber Huffington Post, saat lahir, bayi yang diberi nama Wang Jiaqian itu memiliki benjolan sebesar kepalan tangan pada bagian sekitar alat kelaminnya. Kemudian, dengan cepat benjolan tersebut berkembang menjadi 1 kaki tambahan.

Saat ini, Sang Ibu dan suami terus mencari sumbangan untuk membayar desakan biaya perawatan medis putri mereka agar bisa menjalani hidup normal seperti anak lainnya. Kasus ini bukan yang pertama kalinya terjadi di negara tirai bambu itu. Pada Februari 2012 lalu, seorang bayi perempuan lain juga dilaporkan lahir dengan 3 kaki, dan dibuang oleh orangtuanya di Shishan, Nan'an. Bayi malang itu kemudian dirawat di rumah sakit anak di Quanzhou, Provinsi Fujian, Cina Timur. Saat itu, dokter mengatakan Sang Bayi harus segera diamputasi, setidaknya saat ia menginjak usia 6 bulan.

Berbagai faktor bisa menimbulkan cacat lahir, seperti asap rokok, virus toksoplasma yang biasa ditularkan lewat hewan, polusi, pencemaran merkuri, terpapar zat-zat kimia lain, dan obat.

Memang apa pun bisa terjadi sesuai kehendak Tuhan. Namun, alangkah lebih baik bila kita tetap menjaga asupan nutrisi dan kecukupan gizi yang baik sejak awal kehamilan, agar Si Kecil bisa dilahirkan dengan sehat dan normal, tentunya tanpa cacat apa pun. (Aulia/OCH/courtesy: Huffington Post)