TODDLER

Si Kecil Jadi Astronom Cilik



Memperkenalkan bumi, benda-benda langit, dan planet pada Si Kecil bisa jadi kegiatan yang mengasyikkan juga bermanfaat. Belajar tentang sistem tata surya dan susunan galaksi dapat merangsang minat Si Kecil pada sains, juga melatih nalarnya. Berikut beberapa cara menarik untuk memperkenalkannya:

1. Ajak Si Kecil berekreasi sains, misalnya ke Planetarium Jakarta atau Observatorium Bosscha Bandung. Di sana Anda bisa memperlihatkan berbagai hal menarik, seperti bintang dan tata surya. Perkaya pengetahuan Anda tentang hal ini agar Anda dapat menjelaskan detailnya dengan baik.

2 Asah imajinasi Si Kecil dengan mengajaknya menonton film science fiction atau dokumenter yang berhubungan dengan luaar angkasa.

3. Dekorasilah kamar Si Kecil dengan tema luar angkasa, misalnya dengan menempelkan gambar planet atau sistem tata surya di langit-langit kamarnya. Sebelum tidur, Anda bisa bercerita tentang tata surya sambil memandangi gambar planet dan bintang yang ada di langit-langit kamarnya.

4. Sesekali, saat langit malam cerah, ajak Si Kecil berkemah di halaman depan rumah untuk mengamati bulan dan bintang. (M&B/SW/Dok. Freepik)