Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Wajib! Bersih Nikotin Sebelum Hamil!

Wajib! Bersih Nikotin Sebelum Hamil!

Bila  Anda merupakan wanita perokok aktif dan ingin merencanakan kehamilan, sebaiknya Anda segera berhenti merokok. Anda membutuhkan waktu untuk membersihkan tubuh dari zat-zat beracun. Berapa lama waktu yang dibutuhkan?


Dr. Meredith Goodwin dokter kandungan dari Brown University, mengungkapkan, waktu ideal bagi wanita perokok untuk hamil setidaknya sekitar satu bulan setelah ia berhenti merokok. Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan bayi yang dikandung mengalami kelainan fisik atau gangguan perkembangan.

Namun yang pasti, seorang wanita perokok aktif dan pasif diperbolehkan hamil ketika tak ada lagi senyawa nikotin dalam sistem tubuhnya karena nikotin bersifat vasoconstrictor, yaitu menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada plasenta dan janin.


"Saya lebih suka menyarankan pasien saya untuk tidak hanya berhenti merokok, tetapi menghentikan segala produk yang mengandung nikotin seperti koyo atau permen karet sebelum dan selama kehamilan," ujar Dr. Meredith.(gita/SR/Dok.Freedigitalphotos)