Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Peran Ibu Lebih Melelahkan?

Peran Ibu Lebih Melelahkan?

Menjadi orangtua memang pekerjaan yang paling sulit di dunia, khususnya menjadi seorang ibu. Menjadi ibu adalah pekerjaan yang sangat luar biasa dan tidak mudah. Kini, para peneliti pun membuktikan bahwa para ibu benar-benar bekerja lebih keras daripada para ayah.

 

Sesungguhnya, seorang ibu membutuhkan waktu tidur tambahan sekitar 20 menit pada malam hari untuk mengganti energi yang telah mereka gunakan seharian. Jika dibandingkan dengan peran seorang ayah, ibu lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berbagai aspek dalam kehidupan, seperti pekerjaan rumah tangga, memasak, mengasuh anak, bahkan pekerjaan mereka di kantor, bagi ibu bekerja.

 

Selain itu, dari waktu yang dihabiskan dengan anak-anak mereka, antara ibu dan ayah memiliki peran yang berbeda terhadap tanggung jawab pengasuhan anak. Ibu lebih banyak mengambil peran untuk mengurus kegiatan Sang Anak sehari-hari, seperti mandi, jadwal makan, menyiapkan pakaian anak-anak mereka, serta kebutuhan sekolah atau pun ketika anak sakit. Ibu juga membantu pekerjaan rumah, menyiapkan keperluan dapur, menjaga kebersihan rumah, dan kegiatan sehari-hari lainnya. Sedangkan, Sang Ayah lebih terlibat dalam kegiatan bermain dan dalam beberapa pekerjaan rumah tangga yang bersifat maskulin, seperti pemeliharaan dan perbaikan dalam rumah.

 

Para ahli menanggapi alasan mengapa ibu seringkali merasa lebih lelah dibanding Sang Ayah, yaitu karena pekerjaan yang mereka jalani bersifat multi-tasking. Selain menanggung rasa sakit saat hamil dan melahirkan, mereka juga mengambil sebagian besar tanggung jawab pengasuhan anak dan pekerjaan rumah tangga, maupun pekerjaan kantor mereka, sehingga lebih banyak energi mereka yang terkuras.

 

Namun, hal tersebut tetap tidak akan meringankan beban para ibu, karena hal tersebut memang tugas yang harus dijalani, bukan dihindari. Bagaimana pun, pekerjaan ini sangat mulia. Meskipun sedikit, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk beristirahat dan memanjakan diri Anda. Tawa Si Kecil pun juga tentu bisa menjadi penghibur Anda tiap waktu bukan? (Aulia/doc.M&B)