Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Manfaat Nasi Merah

8 Manfaat Nasi Merah

Nasi merupakan makanan pokok yang mungkin tidak akan pernah bisa ditinggalkan oleh warga negara Indonesia. Namun, kini beberapa orang tengah mencoba beralih dari nasi putih ke nasi merah karena alasan gizi atau diet. Ini juga membuktikan bahwa sebagian masyarakat sudah mulai menyadari manfaat kesehatan yang ditawarkan nasi merah, daripada nasi putih. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan dari nasi merah.

 

1 . Membantu Mencegah Penyakit
Nasi merah memiliki sekitar 14 persen dari serat yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian, asupan nasi merah dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit, seperti kanker usus besar dan kanker payudara. Selain itu, beras merah juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menyehatkan pencernaan.

 

2 . Mencegah Kenaikan Berat Badan
Nasi merah mengandung karbohidrat lebih rendah dibandingkan nasi putih. Makanan ini juga dapat mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan dan membuat Anda fit, serta aktif sepanjang hari.

 

3 . Baik untuk Kesehatan Tulang
Nasi merah merupakan makanan yang kaya akan magnesium, mineral yang membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi peradangan sendi. Mengonsumsi nasi merah setidaknya 2 kali dalam seminggu dapat memenuhi kebutuhan magnesium Anda dan membantu mencegah penyakit arthritis, serta penyakit sejenis lainnya.

 

4 . Menurunkan Kolesterol

Nasi merah diketahui dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, nasi merah juga dapat membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

 

5 . Membantu Kelancaran Fungsi Usus
Serat larut yang banyak terkandung dalam nasi merah dapat membantu menyehatkan fungsi  pencernaan secara normal dan mencegah masalah sembelit.

 

6 . Menyehatkan Rambut dan Kulit
Satu cangkir beras merah memiliki sekitar 1,2 mg seng. Zinc (seng) yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan mencegah masalah jerawat. Zinc juga berguna untuk menyembuhkan luka.

 

7 . Mencegah Asma
Nasi merah memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah masalah asma. Hal ini dapat membantu mengatur pola pernapasan normal, terutama pada anak-anak.

 

8 . Baik untuk Kesehatan Gigi
Nasi merah sangat baik untuk kesehatan gigi, seperti mencegah berbagai masalah gigi dan penyakit pada gusi. (Aulia/DC/freedigitalphotos)