Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ketika Hidung Tersumbat

Ketika Hidung Tersumbat

Kemampuan membuang ingus dari hidung sangatlah penting. Namun, tak pernah terpikirkan oleh Anda bahwa itu perlu diajarkan.

 

Umumnya, anak mulai bisa membuang ingus sejak usia 2 tahun. Cara yang paling berhasil adalah dengan memberi contoh bagaimana teknik membuang ingus, serta memberinya semangat agar ia tidak malas membuang ingus yang menyumbat hidungnya. Ingatkan pula Si Kecil untuk tidak menyembur terlalu kuat agar terhindar dari risiko infeksi telinga dan infeksi lainnya pada hidung.

 

Meskipun sudah bisa membuang ingus, biasanya anak kecil tidak tertarik atau malah tidak mengerti  pentingnya melakukan itu. Sementara, Anda yang harus memperhatikan apakah ada cairan di dalam rongga hidungnya, terutama pada saat makan dan tidur.

 

Anda bisa menggunakan cairan garam steril yang bisa didapatkan di apotek. Teteskan pada masing-masing lubang hidung Si Kecil untuk mengencerkan hidung yang tersumbat. Biasanya, setelah ditetesi garam steril, Si Kecil akan bersin secara otomatis atau refleks menyemburkan ingusnya. (Aulia/doc.M&B)