Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Atasi Pegal Saat Hamil Dengan Peregangan

Atasi Pegal Saat Hamil Dengan Peregangan

Perubahan pada tubuh dan semakin beratnya beban di perut saat hamil membuat Anda sering mengalami pegal, lelah, dan stres. Namun Anda tak perlu buru-buru mengunjungi massage therapist, karena gerakan-gerakan peregangan (stretching) sederhana berikut ini akan membantu Anda mengatasi keluhan-keluhan tersebut, Moms.

 

1. Shoulder circles

Lakukan gerakan seperti hendak menggambar lingkaran searah jarum jam dengan bahu Anda secara perlahan. Gerakan ini akan membantu mengurangi pegal bahu dan membantu membuka rongga dada.

 

2. Rolling down

Berdirilah dengan punggung dan kepala menempel pada dinding. Tekuk lutut sambil menarik napas. Buang napas perlahan, tempelkan dagu pada dada Anda, dan perlahan 'gulung' tubuh sejauh mungkin ke bawah.

 

3. Waist twist

Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kemudian regangkan kedua lengan Anda ke sisi kiri tubuh, kepala menoleh ke arah kanan. Lakukan gerakan yang sama untuk arah sebaliknya.

 

4. Wall push up

Berdiri dengan jarak 2 langkah menghadap dinding. Lakukan gerakan seperti mendorong tembok dengan kedua telapak tangan. Rasakan tarikan pada otot betis Anda, lalu kembali ke posisi semula.

 

5. Mermaid bend

Duduklah dengan lutut ditekuk, seperti putri duyung, dan kedua telapak kaki di sisi kiri tubuh. Tumpukkan tangan kiri pada kaki, tarik napas, buang perlahan sambil angkat tangan kanan melewati kepala Anda ke arah kiri. Lakukan gerakan yang sama untuk sisi yang lain.

 

6. Seated leg reach

Duduklah dengan satu kaki lurus ke arah samping, dan kaki lainnya ditekuk. Perlahan, cobalah meraih kaki yang lurus. Ulangi gerakan ini untuk kaki yang lain.

 

Nah, gerakan-gerakan peregangan ini akan bisa mengusir rasa pegal yang menjadi pengganggu Anda di masa kehamilan, Moms. Selamat mencoba! (M&B/SW/Dok. Freepik)