Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Bilingual untuk Si Kecil

Bilingual untuk Si Kecil

Bagaimana caranya agar si kecil tidak bingung bahasa jika Anda berniat menyekolahkannya di sekolah internasional? Mindy Hudon, seorang ahli patologi bahasa mengatakan bahwa Pengenalan dua bahasa yang terus menerus, apalagi di masa perkembangan bahasa si kecil sedang berkembang, akan menguntungkan si kecil asal diajarkan dengan cara yang tepat.


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menegaskan kepada si kecil kapan dan kepada siapa, ia bisa memakai bahasa utama dan bahasa tambahan. Misalnya, saat sekolah, ia harus berbahasa Inggris, tetapi di rumah, jika berbicara dengan teman-teman rumahnya, ia harus menggunakan bahasa Indonesia.


Hudon menambahkan, Anda bisa mengajarkan dua bahasa itu dengan cara yang menyenangkan. Cara sederhana ala Hudon adalah, “Ajaklah si kecil bermain atau membaca buku. Pilih buku dengan bahasa utama yang diperlukan si kecil. Tunjukkan beberapa hal dari buku atau permainan itu, dan gunakan bahasa kedua. Contohnya, 'ini kucing, bahasa inggrisnya?' Lalu minta si kecil menyebutkan benda yang Anda tunjuk dalam bahasa yang lain.” Cara itu akan membuat si kecil mudah memahami dua bahasa dan dapat membedakan kapan ia dapat menggunakan bahasa-bahasa itu. (Sandra.R/Dok.Freedigitalphotos)