Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Perhatikan Penyakit Ginjal!

Perhatikan Penyakit Ginjal!

Ginjal merupakan organ yang berperan untuk membersihkan racun dalam tubuh. Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka dapat mengakibatkan komplikasi penyakit.

 

Menurut Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia, dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH, penderita penyakit ginjal kronik akan mengalami penderitaan yang berkepanjangan, seperti penurunan kualitas hidup dan pengurangan produktivitas.

 

"Semakin tinggi stadium, maka semakin besar kemungkinan munculnya komplikasi berupa komplikasi penyakit jantung dan pembuluh darah, serta otak yang bisa menimbulkan stroke," ungkap dr. Dharmeizar.

 

Pasien dengan penyakit ginjal stadium awal, umumnya tidak merasakan keluhan apa pun. Namun, saat pasien menderita penyakit ginjal kronik stadium 4 atau 5, mereka akan memperlihatkan beberapa gejala fisik, seperti lemah, mual, muntah-muntah, nafsu makan berkurang, meningkatnya tekanan darah tinggi, bengkak pada kelopak mata, serta berkurangnya keinginan buang air kecil.

 

Pada penyakit batu ginjal, gejala awalnya berupa nyeri di perut bagian belakang, pendarahan pada urine, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, hingga pembengkakan perut.

 

Wanita yang terkena gangguan ini, biasanya mengalami infeksi saluran kemih yang diawali dengan gejala meningkatnya hasrat untuk buang air kecil hingga pendarahan pada urine.

 

Faktor penyebab batu ginjal sendiri antara lain, faktor genetik, asam urat dan darah tinggi, serta lingkungan bekerja di tempat yang panas. Untuk itu, Anda perlu banyak asupan air mineral untuk menjaga kesehatan ginjal. (Aulia/freedigitalphotos)