Ketika memutuskan untuk bekerja, tentunya Anda harus memilih perusahaan yang sesuai. Selain gaji, gaya komunikasi, dan budaya, perusahaan itu sendiri turut menjadi faktor penentu kenyamanan dalam bekerja.
Namun sayangnya, informasi yang dibutuhkan tidak selalu didapatkan. Sebagian besar informasi, baik yang diperoleh dari cerita orang, internet, atau proses wawancara hanya memberikan sedikit gambaran tentang perusahaan itu.
Supaya semua informasi tersebut bisa diketahui sebagai pertimbangan, Anda bisa menanyakannya ketika menjalani wawancara. Lima hal ini bisa menjadi panduan dan memberikan gambaran tentang perusahaan yang dituju.
1. Deskripsi Pekerjaan
Salah satu cara paling ampuh untuk mengetahui pendekatan perusahaan adalah dengan melihat deskripsi pekerjaan. Saat diwawancara, perhatikan detail deskripsi pekerjaan yang dijelaskan oleh pihak perusahaan.
Perhatikan pula apakah perusahaan membagikan informasi mengenai perkembangan perusahaan, budaya kerja, fasilitas, dan keuntungan bila bergabung. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menghargai pegawainya.
2. Gaya Komunikasi
Ketika mengirim surat lamaran, Anda akan terlibat komunikasi, baik dengan HRD atau pun manajer. Siapa pun yang Anda temui, perhatikan beberapa hal seperti ketepatan waktu dan pendekatan yang digunakan.
Apakah perusahaan memberikan kabar dalam jangka waktu yang masuk akal? Lalu, apakah Anda merasa nyaman dengan gaya bicara berbagai pihak yang Anda temui? Kedua hal ini dapat memberikan gambaran mengenai karakter dari rekan kerja atau bahkan manajer Anda kelak.
3. Observasi Saat Wawancara
Proses wawancara adalah kesempatan paling besar untuk mengamati lingkungan kerja. Amati cara perusahaan menangani keseluruhan proses wawancara, dari fokus masing-masing tahap, hingga pihak-pihak yang Anda temui.
Apakah Anda mengetahui akan bertemu dengan siapa di tahap selanjutnya atau malah dirahasiakan? Manajemen yang baik ditandai dengan kesinambungan pertanyaan dalam setiap tahap. Pertanyaan yang berulang-ulang tanpa arah yang jelas menunjukkan sistem pengelolaan perusahaan yang kurang baik.
4. Melalui Tes
Dalam proses wawancara, sering kali Anda diminta mengerjakan beberapa tes sehubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal yang paling penting dalam memilih perusahaan adalah minat pada pekerjaan Anda kelak.
Tes yang diberikan sering kali mengindikasikan tugas-tugas rutin yang perlu dikerjakan setelah bergabung dengan perusahaan. Jika Anda cenderung menyukai tes-tes yang diberikan, ini adalah pertanda baik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.
5. Pengalaman Pegawai
Pada tahap wawancara, jangan sia-siakan kesempatan untuk bertanya. Hal-hal yang sebaiknya Anda tanyakan, jika belum dijelaskan di dalam wawancara adalah: program pengembangan karyawan, work-life balance, fleksibilitas waktu, dan lainnya.
Selain itu, peraturan perusahaan juga menjadi pertimbangan. Khususnya aturan mengenai membawa anak ke kantor, cuti hamil, dan lainnya. Hal ini juga menentukan kenyamanan Anda saat bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja nantinya.(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)