Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cegah Penyakit Menular Seksual

Cegah Penyakit Menular Seksual

Penyakit Menular Seksual (PMS) bisa dihindari dengan menerapkan kehidupan seksual yang sehat bersama pasangan. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mencegahnya?


Setia pada Pasangan
Ya! Setia pada satu pasangan cara mencegah PMS yang paling dasar dan mudah untuk dilakukan. Tentu Anda sudah sering mendengar, PMS seperti HIV/AIDS, sifilis, gonorrhea, dan herpes kerap terjadi karena sering berganti pasangan.


Perhatikan Kondom
Memakai kondom merupakan salah satu cara mencegah infeksi yang tepat agar infeksi tak menyebar kepada pasangan. Perhatikan juga kondom yang Anda beli, apakah ada perubahan warna dan bau yang dikeluarkan. Cek tanggal kadaluarsanya, dan sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk agar kualitasnya tetap terjamin.


Vaksinasi dan Memeriksakan diri
Seorang yang sudah aktif dan rutin melakukan hubungan seksual sebaiknya mempertimbangkan dalam menjalani pemeriksaan teratur. Pemeriksaan ini akan mencegah Anda dari infeksi PMS. Konsultasikan pada dokter terpercaya tentang vaksinasi yang tepat bagi Anda. Misalnya vaksinasi hepatitis B dan human papillomavirus (HPV) yang sangat direkomendasikan bagi wanita.


Terbuka pada Pasangan
Berbicara secara terbuka dengan pasangan dapat membantu menghindari PMS. Pasalnya, kepercayaan itu penting bila Anda sudah memiliki hubungan yang intim secara fisik dengan seseorang. Demikian pula, tak kalah penting untuk menyadari segala risikonya. (Gita/OCH/Dok.Freedigitalphotos)