Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Moms, Ketahui Kalimat Ampuh Agar Anak Patuh

Moms, Ketahui Kalimat Ampuh Agar Anak Patuh

Membuat Si Kecil patuh bukanlah soal mudah. Anda pasti kerepotan karena Si Kecil tidak mau mendengarkan Anda. Tak perlu risau, semua orang tua pasti menghadapi fase ini. Masalahnya, apabila Si Kecil semakin sulit diatur, maka orang tua juga cenderung semakin keras menghadapinya.

 

Padahal, cara keras dapat membuat anak takut, merasa tidak aman, merasa harga diri terlukai, dan dapat berujung pada lemahnya mental Si Kecil di masa depan. Sebagai solusi, Mother&Baby Indonesia memberikan kunci untuk membuat kalimat ampuh. Tentunya, agar Si Kecil patuh tanpa harus menggunakan cara yang keras. Ini beberapa di antaranya, Moms.

• Perlihatkan dampak: “Memukul teman itu tidak baik, lihat sekarang temanmu mengangis karena kesakitan.”

• Berikan pilihan: “Rafa, waktunya mandi. Kamu mau mandi sekarang atau 5 menit lagi?”

• Buat kesepakatan: “Ok sayang, sudah 5 menit. Ingat kan kesepakatan kita? Sekarang waktunya mandi."

• Tangkap perasaan atau keadaannya: “Iya, Mama tahu kamu ingin main bonekanya Rasya. Tapi, memukulnya bukan cara yang baik.”

 

Dari kata kunci tersebut, prinsipnya adalah lakukan tindakan persuasif dengan kasih sayang. Pastikan ia merasa tetap disayangi walaupun telah melakukan kesalahan. Selain itu, pahami kondisi dan perasaan Si Kecil.

 

Jangan sampai Anda memintanya melakukan hal-hal yang tidak mampu ia lakukan ataupun yang melukai perasaannya. Berikan penjelasan atau alasan dengan cara sederhana, sehingga ia mengerti apa yang Anda minta lakukan dan ia setuju untuk melakukannya.

 

Selain keempat kata kunci di atas, masih ada delapan kata kunci lainnya yang bisa Anda temui di Majalah Mother&Baby Edisi September 2018. Jangan sampai kehabisan ya, Moms! (M&B/Gabriella Agmassini/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)