Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Tips Jitu Menghemat Belanja Bulanan Keluarga

4 Tips Jitu Menghemat Belanja Bulanan Keluarga

Dalam sebuah keluarga, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi minimal dalam satu bulan. Mulai dari kebutuhan anak, sembako, perlengkapan pembersih rumah, hingga peralatan mandi sekali pun. Agar biaya belanja tidak membengkak, ikuti tips berikut ini yuk, Moms.


1. Catat dan Bandingkan Harga

Beberapa supermarket memasang harga yang berbeda untuk produk yang sama. Saat pergi belanja, jangan lupa untuk mencatat harganya! Moms bisa melihat lagi catatan perbandingan ini untuk mendapatkan harga terbaik di bulan selanjutnya.


2. Cek Katalog dan Promo

Sebelum belanja, sempatkan untuk melirik katalog promo. Banyak supermarket yang memberikan diskon mulai dari 10-15 persen. Bayangan berapa banyak yang dapat Moms hemat, apalagi jika ternyata beberapa kebutuhan untuk Si Kecil dan keluarga termasuk di dalamnya!


3. Buat Daftar Belanja

Selain untuk mengingat bahan dan barang yang perlu dibeli, daftar ini juga berfungsi untuk mencegah pemborosan. Tanpa daftar belanja, Moms akan mudah tergoda untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan. Sebaiknya urutkan sesuai dengan prioritas kebutuhan keluarga saat membuat daftarnya!


4. Stok Barang

Harga barang kebutuhan utama sedang diskon besar-besaran? Tidak ada salahnya membeli dalam jumlah lebih banyak! Anda dapat menyimpan persediaan barang ini untuk digunakan pada bulan berikutnya. Cara ini ampuh untuk menghemat biaya belanja ke depan, selama totalnya tidak jauh melebihi anggaran bulanan.


Nah, setelah melakukan 4 tips tersebut, Moms bisa lebih menghemat anggaran bulanan. Siapa tahu bisa ditabung dan dapat digunakan untuk keperluan lainnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)