Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Waspadai Kanker pada Anak

Waspadai Kanker pada Anak

Kanker merupakan penyakit segala usia. Penyakit ganas ini tak hanya dapat menyerang mereka di usia dewasa ataupun lanjut, namun juga Si Kecil. Menurut data resmi dari Internasional Agency for Research on Cancer (IARC), 1 dari 600 anak menderita kanker sebelum mencapai usia 16 tahun. Kanker juga menjadi penyebab 10 persen kematian pada anak.

 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kanker bukanlah penyakit menular dan dapat disembuhkan bila ditangani dengan baik. Kematian akibat kanker pun dapat dicegah jika orangtua mewaspadai gejala awalnya sedini mungkin. Kemampuan bertahan hidup anak penderita kanker akan cukup besar bila penyakitnya diketahui sejak stadium awal. Gejala penyakit ini di antaranya, demam tinggi selama 2 minggu, wajah pucat, kehilangan nafsu makan, tubuh lemas, perut membesar dan mengeras, serta timbul rasa nyeri.

 

Jenis kanker yang paling banyak dialami oleh anak-anak adalah kanker darah dan getah bening. Sementara jenis kanker lain yang umum terjadi pada anak-anak adalah kanker sumsum tulang, otak, mata, ginjal, dan otot. Penyebab kanker hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun, diduga kanker pada anak berkaitan dengan faktor genetika dan lingkungan. Beberapa faktor lingkungan tersebut adalah radiasi sinar radioaktif, paparan bahan kimia berbahaya melalui konsumsi makanan dan asap rokok, serta infeksi virus. (Aulia/DMO/Dok. M&B)