Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Perhatikan Jarak Usia Anak

Perhatikan Jarak Usia Anak

“Kapan ya, waktu terbaik untuk menambah anak lagi?” Pertanyaan ini sering kali muncul di benak para orangtua beberapa bulan setelah anak pertama lahir. Dalam beberapa studi, para peneliti sering tidak dapat memastikan berapa tahun jarak waktu yang perlu diperhatikan oleh Sang Ibu dalam menanti anak kedua, ketiga, dan seterusnya.

 

Namun, beberapa penelitan mengungkap, jarak 18-23 bulan setelah kelahiran anak sebelumnya disinyalir menjadi jarak yang paling baik bagi kesehatan Sang Adik nantinya. Seperti dilansir Baby Centre, memiliki rentang usia kurang dari 17 bulan dari kelahiran sebelumnya dapat meningkatkan risiko bayi prematur dan berat badan rendah. Risiko paling tinggi dialami oleh kehamilan yang berjarak kurang dari 6 bulan setelah kelahiran anak sebelumnya.

 

Para ahli berpikir bahwa tubuh ibu butuh waktu untuk pulih dari stres setelah melahirkan. Sang Ibu juga perlu mengisi semua nutrisinya yang hilang akibat kehamilan sebelumnya. Dengan jarak waktu sekitar 18-23 bulan setelah melahirkan, Anda dapat memanfaatkan waktu dengan memperhatikan perubahan tubuh Anda sebagai persiapan untuk menjalani kehamilan berikutnya. Anda juga dapat menikmati me time sebelum kembali sibuk dengan urusan bayi.

 

Menurut Jeannie Kidwell, seorang profesor dalam sebuah studi parenting, jarak antar saudara kandung dengan jarak waktu usia cukup ideal dapat meningkatkan hubungan harmonis antara anak-anak dengan orangtua, juga mengurangi risiko persaingan antar saudara. Ia juga percaya, anak-anak yang memiliki jarak usia antara 1,5 hingga 4 tahun memiliki cukup waktu untuk menikmati perhatian lebih dari ayah dan ibu mereka. Menurut Jeannie, manfaat jarak usia antar saudara ini dapat dirasakan, bahkan hingga anak-anak beranjak remaja.

 

Selain itu, orangtua akan memiliki banyak kesempatan untuk mengenal karakter masing-masing anak. Saat adik lahir, Sang Kakak yang berusia lebih tua beberapa tahun tentu bisa belajar mengurus dirinya sendiri sedikit demi sedikit, bahkan mengurus dan bertanggung jawab terhadap adiknya. Hal-hal tersebut tentu sangat membutuhkan peran Anda sebagai orangtua. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

 

Dapatkan informasi dan tip menarik lainnya seputar jarak usia antar saudara di majalah Mother & Baby indonesia edisi November 2013.