Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Moms, Ajarkan Anak Memakai Baju Sendiri, Yuk!

Moms, Ajarkan Anak Memakai Baju Sendiri, Yuk!

Memakai baju merupakan kegiatan yang menantang untuk anak. Pasalnya tidak hanya menggunakan motorik, tetapi konsentrasi juga turut diuji. Meskipun prosesnya menguras kesabaran, keterampilan ini akan sangat berguna untuk kemandiriannya kelak. Bagaimana cara mengajarkannya?


Berikut ini langkah-langkah mengajarkan memakai baju dan celana pada Si Kecil. Simak langkah-langkahnya ya, Moms.

1. Ajak Si Kecil untuk memilih baju favoritnya. Kemudian rentangkan di permukaan datar.

2. Dalam posisi duduk, minta ia memasukkan kaki kanan ke dalam lubang celana kanan dan lanjutkan dengan kaki kiri.

3. Tarik kedua tepi celana hingga telapak kaki tidak lagi tertutup. Lalu tarik celana hingga ke bagian pinggang dalam posisi berdiri.

4. Kini saatnya memakai baju! Pegang bagian dekat leher dengan satu tangan, sembari memasukkan tangan yang lain ke dalam lengan baju. Lakukan hal serupa untuk tangan yang belum dimasukkan.

5. Rapikan bagian depan baju dan sejajarkan posisi kancing dengan lubangnya.

6. Pasang kancing dengan memasukkan ibu jari tangan kiri ke dalam lubang, lalu jepit kancing dengan ibu jari dan telunjuk. Tarik kancing dengan ibu jari, agar bisa masuk sempurna ke dalam lubangnya.

7. Untuk baju model kaus, pegang bagian bawah baju, lalu masukkan kepala ke dalam lubang lebar dekat leher.

8. Jangan lupa memasukkan kedua tangan ke dalam lubang lengan secara bergantian!


Yang harus diperhatikan:

Pada saat Si Kecil berusia 3 tahun, Anda sudah bisa mengajaknya mengenakan pakaian sendiri. Anak bisa dilatih memasukkan kancing, serta membuka dan menutup restleting terlebih dahulu. Kemudian, mulailah dengan belajar memakai model baju yang mudah. Misalnya kaus, kemeja berkancing, dan celana panjang. Setelah mahir, baru mulai dengan aneka model baju lain. Jika perlu, kelompokkan baju sesuai dengan kebutuhan, seperti baju untuk pergi, tidur, pesta, dan sebagainya.


Selamat, kini Si Kecil sudah bisa memakai baju sendiri! Jangan lupa untuk memberikan pujian kepada Si Kecil meski ia belum mahir melakukannya ya, Moms. Ini sebagai tanda penghargaan untuknya, serta dapat menumbuhkan rasa percaya diri saat melakukannya kembali. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)