Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Menjelaskan tentang Perceraian pada Anak

Menjelaskan tentang Perceraian pada Anak

Perceraian memang bukan hal yang menyenangkan. Tetapi jika hal itu tidak bisa dihindari, maka hal berikutnya yang harus dipikirkan adalah anak. Jika Anda memiliki anak yang masih balita, ia tentu belum paham arti perceraian.

Oleh karena itu, tugas Anda dan suami adalah membuat proses ini simpel dan jelas buatnya. Beritahukan bahwa ibu dan ayah tidak akan tinggal bersama lagi. Jelaskan kalau ia akan tinggal bersama ibu, namun tetap menghabiskan waktu di rumah ayah selama beberapa hari. Pastikan Anda memberitahu bahwa Si Kecil akan tetap disayangi dan diurus.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda dan pasangan perhatikan saat memberi tahu Si Kecil tentang perceraian.


Waktu yang Tepat

Memang tidak pernah ada waktu yang tepat untuk memberitahukan tentang perceraian kepada Si Kecil. Namun, Anda sebaiknya menghindari untuk memberitahunya pada saat ia akan sendirian, seperti saat Anda akan bekerja atau sebelum ia tidur. Si Kecil akan bingung setelah menerima kabar tersebut. Akan lebih baik jika Anda menemaninya dan memberinya banyak pelukan setelah memberitahu berita ini.


Katakan Bersama-Sama

Walaupun Anda dan suami tidak sepaham, usahakan untuk memberitahu berita ini berdua agar Si Kecil tidak hanya mendengar dari satu versi cerita saja.


Keep It Simple

Jangan bicara berbelit-belit dan gunakan bahasa yang mudah. "Katakan pada anak bahwa ayah tinggal di rumah baru dan ia akan mengunjunginya beberapa hari dalam seminggu," ujar Isolina Ricci, psikoterapis yang juga menulis buku Mom's House, Dad's House for Kids, seperti dikutip dari Babycenter.com


Jelaskan Ini Bukan Salahnya

Menurut Isolina, sangat mudah bagi balita untuk menyalahkan dirinya sebagai penyebab perceraian. "Anak yang masih kecil memiliki pola pikir yang sederhana. Ia bisa saja berpikir kalau Anda bercerai karena ia tidak pernah membereskan mainan," ujarnya. Isolina menyarankan untuk memberikan penjelasan yang mudah, seperti mengatakan, "Ada beberapa hal yang terjadi pada ayah dan ibu, kami minta maaf karena harus berpisah, tetapi ini bukan karena kamu."


Jangan Memberitahu Detail Masalah

Semarah apa pun Anda pada mantan suami, jangan sampai Si Kecil mengetahuinya. Hal itu hanya akan membuatnya makin bingung. Hindari membicarakan perceraian ini di sekitar Si Kecil. Berhati-hatilah agar Si Kecil tidak menguping ketika Anda sedang mendiskusikan masalah perceraian, termasuk saat sedang menelepon. (M&B/SW/Dok. Freepik)