Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Memilih Daycare yang Tepat untuk Anak

Tips Memilih Daycare yang Tepat untuk Anak

Kesibukan dan pekerjaan sehari-hari membuat beberapa orang tua mempercayai daycare untuk mengasuh Si Kecil. Dan saat ini, daycare tidak hanya sekadar tempat untuk menitipkan anak, tetapi juga tempat untuk mengasah tumbuh kembang Si Kecil.

Di daycare, Si Kecil akan diajarkan untuk bersosialisasi dan menstimulasi tumbuh kembangnya. Untuk para orang tua yang selektif dalam memilih daycare yang tepat, coba simak tips berikut ini agar jeli dan tepat dalam memilih daycare untuk Si Kecil.


Lokasi dan Ruangan Daycare:

* Daycare yang dapat dipercaya tentu harus memiliki izin pendirian usaha dan juga harus ada pakar pendidikan anak, ahli gizi dan kesehatan anak, serta psikolog anak.

* Pilihlah daycare yang strategis, seperti searah dengan kantor Anda dan suami atau dekat lokasi rumah Anda. Ini dapat mempersingkat waktu sekaligus menghemat biaya.

* Ruangan untuk anak memiliki desain homey, sehingga Si Kecil akan nyaman dan merasa seperti di rumah sendiri.

* Anda harus memastikan ruangan bayi dan balita terpisah, agar kebutuhan Si Kecil selalu terawasi.

* Anda harus mengecek kebersihan dan keamanan setiap sudut daycare, dari ruang bermain hingga ruang tidur.


Pengasuh dan Sarana Stimulasi:

* Perhatikan kesigapan para pengasuh di daycare, seperti menghadapi bayi hingga rasa sensitif untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil. Pastikan juga bahwa 1 orang pengasuh hanya menjaga 2-3 bayi atau balita, tidak lebih.

* Untuk membantu stimulasi, cermati area bermain yang bisa merangsang kreativitas dan menunjang eksplorasi Si Kecil.

* Pastikan bahwa anak Anda memiliki jadwal untuk berbagai aktivitas yang edukatif agar membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.


Pengawasan dari Jauh:

* Daycare yang akan Anda pilih sebaiknya memiliki fasilitas CCTV, agar Anda dapat memantau apa saja yang terjadi kepada Si Kecil. Dan simpan kontak pengasuh untuk memudahkan Anda mengawasi anak. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)