Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Dana Penting yang Perlu Disiapkan Pasca Persalinan

5 Dana Penting yang Perlu Disiapkan Pasca Persalinan

Persiapan keuangan yang kurang matang tentu membuat pengeluaran jadi membengkak. Karenanya, selain menyiapkan dana untuk persalinan, Moms dan Dads sebaiknya juga mempersiapkan rencana keuangan pasca persalinan. Agar keuangan dan tumbuh kembang Si Kecil sama-sama terjaga, persiapkan biaya berikut di 6 bulan pertama pasca melahirkan:


Kunjungan ke Dokter

Kondisi badan bayi yang masih rentan, membuat biaya ini wajib dimasukkan ke dalam daftar kebutuhan. Anda juga bisa mempertimbangkan biaya kunjungan ke klinik laktasi jika diperlukan.


Imunisasi

Setiap anak perlu mendapatkan imunisasi dan vaksinasi secara rutin. Ada yang diwajibkan dan sudah disubsidi oleh pemerintah sehingga biayanya menjadi lebih murah. Namun ada pula imunisasi yang dianjurkan tetapi tidak diwajibkan, dengan kisaran biaya yang relatif mahal.


Acara Syukuran

Sebagai tanda syukur atas kehadiran Si Kecil, umumnya orang tua mengadakan acara selamatan atau syukuran. Untuk itu, siapkan biaya syukuran ini sesuai dengan dana yang sudah dipersiapkan.


Perlengkapan ASIP

Untuk memenuhi kebutuhan ASI eksklusif, maka perlu disiapkan dana untuk keperluan memerah ASI. Kebutuhan tersebut antara lain seperti pompa, botol penyimpan ASI, freezer, cooler bag, ice pack, sterilizer, dan bottle warmer, serta peralatan untuk memberikan ASIP.


Biaya Rutin Bulanan

Biaya rutin bulanan terdiri dari susu formula (jika Si Kecil tidak dapat mengonsumsi ASI), popok, dan pengasuh atau daycare. Dalam sehari seorang bayi dapat berganti popok 6-10 kali. Sedangkan biaya untuk pengasuh biasanya lebih bersahabat dibandingkan dengan daycare.

Siapkan kelima biaya tersebut sedini mungkin. Moms juga bisa mengecek fasilitas dari kantor yang bisa menanggung seluruh atau sebagian biaya dokter, imunisasi, dan vaksinasi. Untuk biaya rutin bulanan, dapat disiapkan dari penghasilan per bulan. Jika cashflow masih minus, tinjau lagi pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan. Selamat menghitung, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)