Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

3 Mineral Penambah Kesuburan

3 Mineral Penambah Kesuburan

Perencanaan kehamilan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi bahan pangan yang bergizi dan menunjang kesehatan selama kehamilan. Ada 3 mineral penting yang dapat Anda konsumsi guna meningkatkan kesuburan, seperti dilansir Whattoexpect.

 

1. Kalsium
Selain untuk menguatkan tulang, kalsium (Ca) dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk hamil. Kalsium umumnya ditemukan di dalam bahan pangan produk susu, tahu, kedelai, kacang edamame, brokoli, sayuran hijau, biji wijen, dan ikan salmon.

 

2. Mangan
Berapa kebutuhan mangan (Mn) yang Anda perlukan setiap hari? Peneliti mengungkapkan, Anda sebaiknya memenuhi mineral ini setidaknya 2 mg per hari untuk menjaga fungsi organ reproduksi Anda dengan baik. Anda bisa mendapatkannya dari bayam, wortel, brokoli, biji-bijian, kacang-kacangan, pisang, dan kismis.

 

3. Zinc
Zat ini sangat penting untuk membantu proses pembuahan. Kekurangan zinc (Zn) dapat merusak kesuburan. Penuhi kebutuhan zinc melalui suplemen atau dengan mengonsumsi daging sapi, kalkun, domba dan ayam, serta almond, kacang-kacangan, biji gandum, yoghurt, oatmeal, jagung, telur, roti yang diperkaya sereal, kerang, dan tiram. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)