Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Manfaat PAUD bagi Balita

Manfaat PAUD bagi Balita

Usia balita merupakan usia emas dalam membentuk kecerdasan kognitif dan menerapkan berbagai nilai, termasuk moral dan sosial. Banyak yang dapat Anda latih saat usia Si Kecil ada pada rentang 1 hingga 5 tahun, bahkan sejak ia baru dilahirkan.

 

Dalam usia emas ini, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap pendidikan yang penting bagi perkembangan anak. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di PAUD dapat memberi rangsangan atau stimulasi yang sesuai dengan tahap tumbuh-kembang anak usia pra-sekolah, karena seluruh aktivitasnya dilakukan melalui pendekatan bermain sambil belajar. Karena itu, PAUD  tidak hanya berguna bagi perkembangan kognitif Si Kecil, tetapi juga untuk aktivitas fisik dan sosialisasi.

 

Seperti yang diungkapkan Intan, ibu dari Sultan, siswa PAUD yang berusia 2,5 tahun, PAUD memang memberikan nilai lebih bagi perkembangan anaknya, khususnya dalam melatih anak untuk bersosialisasi. “Kegiatan ini juga membuat Si Kecil lebih percaya diri. Kemampuan berhitung dan mewarnainya juga sudah mulai bisa terasah di usia 2 tahun,” ungkap Intan saat ditemui dalam acara "Gebyar 1.000 Anak PAUD" di Lapangan Ismunadji, Bogor Tengah, Kamis (21/11).  

 

Selain untuk memperkenalkan mereka pada dunia sekolah, kegiatan di PAUD juga menerapkan nilai-nilai dan norma pada anak. “Anak-anak sudah mulai ditanamkan nilai-nilai, seperti kejujuran, disiplin dan berbagi, juga mendidik tingkah laku dan berbagai hal positif lain. Semuanya diterapkan sejak usia dini,” ungkap Nuniek, seorang tutor dari PAUD Mandiri Panaragan, Bogor.

 

Pendidikan yang dimulai dari usia 2 sampai 5 tahun ini terdiri dari beberapa aspek pengembangan, yaitu nilai moral, emosional, kognitif (dengan calistung), bahasa, sosial, dan seni. “Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dalam tiap aspeknya. Kami sebagai guru hanya mendampingi saja agar ia bisa menonjolkan karakternya,” lanjut Nuniek.

 

Umumnya, anak-anak yang sebelumnya mendapatkan pendidikan di PAUD juga memiliki kemampuan berkomunikasi lebih baik saat sekolah. Mereka memiliki karakter yang sangat baik, karena sudah dididik sejak dini. 

 

Meski Si Kecil sudah mendapatkan pendidikan sejak usia dini, Anda tetap perlu mendampinginya saat proses belajar di rumah. Bagaimanapun, orangtua adalah pengawas dan pendidik yang utama bagi anak-anak mereka, karena anak-anak belajar dari lingkungan, terutama keluarga. (Aulia/DMO/Dok. M&B)