Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Moms, Ketahui 7 Posisi Nyaman saat Menyusui Si Kecil

Moms, Ketahui 7 Posisi Nyaman saat Menyusui Si Kecil

Bagi ibu baru, menyusui adalah salah satu hal yang harus dipelajari karena mungkin terasa sulit. Kabar baiknya, ada 7 pilihan posisi yang ternyata dapat mendukung keberhasilan Anda dalam menyusui Si Kecil. Selamat mencoba, Moms!


1. Side-lying Hold


BabyCenter.co.uk

Ini adalah salah satu posisi favorit untuk menyusui. Untuk melakukan posisi ini, Anda dan Si Kecil harus tidur sambil saling berhadapan. Pastikan mulutnya dapat menjangkau payudara Anda dengan tepat, dan tubuh Si Kecil saling menempel dengan tubuh Anda.


2. Twins Hold


BabyCenter.co.uk

Bagi Anda yang memiliki bayi kembar, Anda dapat menggunakan posisi ini. Letakkan bantal di bawah tubuh si kembar, topang tubuh di sisi kiri dan kanan, lalu pegang lembut punggungnya. Bila perlu, mintalah bantuan pasangan Anda untuk ikut menopang si kembar.


3. Laid-back Breast Feeding After a Caesarean

BabyCenter.co.uk

Posisi ini hampir sama seperti posisi laid-back breastfeeding. Perbedaannya ada pada posisi bayi yang diletakkan secara vertikal untuk melindungi luka caesar Anda. Selalu jaga Si Kecil dengan memegang bagian punggungnya.


4. Laid-back Breastfeeding

BabyCenter.co.uk

Tidurlah dengan kepala disanggah bantal dan posisikan bayi tengkurap menghadap tubuh Anda. Pastikan hidungnya tidak tertutup ya, Moms!


5. Koala Hold

BabyCenter.co.uk

Posisi ini persis seperti posisi koala sedang memeluk anaknya. Duduklah dengan lutut menekuk ke arah tubuh Anda, lalu letakkan Si Kecil seperti pada gambar. Tetap memegang tubuhnya ya, Moms!


6. Rugby Ball Hold

BabyCenter.co.uk

Anda harus memposisikan tubuh bayi di bawah lengan, seperti sedang memegang tas tangan. Pastikan ia menghadap Anda dan kakinya menghadap punggung Anda. Untuk menahan punggung bagian atasnya, dekap dengan lengan Anda.


7. Cradle Hold


BabyCenter.co.uk

Dalam posisi duduk, dekap Si Kecil hingga wajahnya mengarah ke payudara Anda. Pastikan pula tubuh Si Kecil menghadap ke Anda, sehingga kepala dan tubuhnya berada dalam 1 garis lurus. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)