Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Tips Menurunkan Berat Badan selama Masa Nifas

Tips Menurunkan Berat Badan selama Masa Nifas

Sebelum melahirkan, Moms mungkin sudah membayangkan akan kembali mengenakan jins kesayangan Anda, sambil mengajak Si Kecil berjalan-jalan. Namun, itu semua hanya keinginan belaka. Anda masih mengenakan jins keluaran butik khusus ibu hamil, karena jins favorit Anda masih belum muat di badan.

Soal riasan? Apalagi soal itu. Jangankan mengurus rambut, memakai lipstik pun Anda mungkin tidak sempat.

Punya bayi baru memang menyita waktu ya, Moms. Bahkan untuk memerhatikan diri sendiri rasanya tak sempat lagi. Namun setelah 40 hari pertama, umumnya Anda sudah bisa mulai mengurus diri sendiri.

"Awalnya Anda mungkin merasa hidup Anda terenggut. Bentuk tubuh Anda berubah. Anda juga tidak punya waktu lagi untuk diri sendiri, karena harus menangani Si Kecil," ujar Laura Williams, pelatih pribadi dari Future Perfect.

Meskipun begitu, Anda tidak sendirian kok, Moms. Banyak ibu baru melahirkan yang juga berpikiran sama. Meraih kembali gairah hidup seperti semula sebenarnya tidak sulit apabila dilakukan secara bertahap. Berikut ini M&B membuat agenda menurunkan berat badan selama Anda menjalani masa nifas.

 

Minggu 1


* Kencangkan otot panggul. Latihan yang pertama Anda perlu lakukan adalah mengencangkan otot panggul, seperti mau buang air kecil, tahan sekitar 10 detik. Lakukan 10-20 kali setiap hari.

* Jalan sehat. Ajak bayi Anda jalan-jalan dengan keretanya. Jika mungkin, carilah jalan yang menanjak. Lakukan ini setiap pagi dengan kecepatan sedang namun konsisten, misalnya selama 30-40 menit, 3 kali seminggu. Cara ini akan lebih banyak membakar lemak daripada olahraga gila-gilaan selama 20 menit tapi tidak konsisten.

* Berenang. Cukup 30 menit, 3 kali seminggu. Bila Anda berenang dengan cepat, hasilnya sama seperti melakukan aerobik.


Top Tips

* Konsultasikan selalu dengan dokter Anda sebelum mulai latihan.

* Jangan terburu-buru melakukan jenis olahraga high-impact, karena pada minggu pertama sendi-sendi tulang masih lemah, sehingga rentan terjadi cedera.

* Gunakan selalu sport bra yang nyaman.

 

Minggu 2


* Ubah kebiasaan makan Anda. Makan nasi bersama lauk-pauknya 3 kali sehari lebih baik dibandingkan menahan lapar, namun tetap ngemil yang manis-manis.

* Pilih makanan yang lengkap gizi, terutama jika Anda masih menyusui. Air rebusan kacang hijau sangat baik untuk memperbanyak ASI sekaligus bergizi tinggi.

* Harus banyak minum, minimal 8 gelas sehari. Karena ternyata dehidrasi dapat memperlambat turunnya berat badan.

* Ingin ngemil? Pilih yang direbus dan kadar gulanya rendah. Buah sudah pasti jadi pilihan yang aman.


Top Tips

* Untuk menghilangkan 0,45 kg seminggu, Anda harus mengurangi 3.500 kalori dalam waktu 7 hari. Kurangi jatah gula dalam sehari. Jalan kaki selama setengah jam dapat membakar 150-200 kalori. Lakukan 4 kali seminggu, maka hasilnya akan cepat terlihat.

 

Minggu 3


* Jangan memaksakan diri. Memang rasanya tidak sabar ingin segera tampil modis lagi. Tapi tak perlu memaksakan diri. Pilihlah pakaian yang nyaman. Anda bisa menambahkan aksesori lain supaya kelihatan lebih trendi, seperti kalung yang bertumpuk.

* Alihkan perhatian. Bila perut Anda belum kembali seperti semula, tak usah minder. Anda bisa kenakan atasan yang menarik dan minimalkan ornamen atau detail di bagian perut.


Top Tips

* Menahan diri selama sembilan bulan untuk tidak mewarnai rambut? Nah, sekaranglah saatnya! Atau ingin mengganti gaya rambut dengan tatanan yang lebih trendi? Boleh-boleh saja, Moms. Yang penting ganti suasana supaya bisa tampil lebih percaya diri.

 

Minggu 4


* Pantau selalu berapa berat badan Anda sekarang. Hal ini hanya berfungsi sebagai pengingat, agar tidak kebablasan. Jadikan angka pada timbangan sebagai motivasi diet Anda.

* Realistis saja. Anda tidak mungkin kembali ke ukuran sebelum hamil hanya dalam waktu semalam. Umumnya diperlukan waktu setahun untuk kembali normal. Sekali-sekali gagal tak apa, Anda masih perlu banyak energi untuk mengurus Si Kecil.


Top Tips

* Tempel foto Anda sebelum hamil sebagai motivasi supaya cepat kembali ke ukuran seperti semula.

* Cari teman untuk berolahraga. Sesama ibu baru umumnya akan saling memotivasi dan dapat mengerti kondisi satu sama lain.

* Buat target sendiri yang tidak berat-berat. Misalnya turun 1 kilo dalam 1 minggu. Dan berilah hadiah (bukan makanan) untuk diri sendiri setiap kali target Anda tercapai. (M&B/SW/Dok. Freepik)