Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

20 Cara Membahagiakan Suami agar Selalu Harmonis

20 Cara Membahagiakan Suami agar Selalu Harmonis

Agar hubungan Anda dan suami selalu romantis dan harmonis, Moms juga perlu melakukan berbagai hal yang bisa membahagiakan Dads. Tidak harus memberi hadiah barang-barang mewah, hal kecil tapi penuh makna saja sudah bisa membahagiakan suami, kok. Mau tahu aktivitas apa lagi yang bisa membuat suami Anda bahagia? Lakukan beberapa hal ini, Moms.

1. Stop mengeluh

Suami Anda pasti tahu betapa beratnya tugas Anda di rumah. Mengurus anak-anak hingga merapikan rumah, itu pekerjaan 24 jam yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Tak ada yang meragukan itu. Namun suami Anda pun sudah cukup tertekan di kantor, maka jangan sambut ia pulang dengan sederet keluhan. Sampaikan keluhan di waktu, suasana, dan cara penyampaian yang tepat.

Baca juga: 7 Cara Membangun Komunikasi yang Sehat Antara Suami dan Istri

2. Berikan me time

Sama seperti Moms, Dads juga butuh me time untuk bersenang-senang dengan hobinya. Sesekali terbebas dari beban di kantor dan di rumah, tidak ada salahnya, kan?

3. Beri kepercayaan

"Ah, masa setiap hari lembur? Bohong ya, kamu?" Duh, jangan hakimi Dads dengan rentetan pertanyaan dan tudingan, karena kunci rumah tangga harmonis adalah kepercayaan. Cara membahagiakan suami tidak sulit kok, Moms, beri ia kepercayaan dan kasih sayang yang tulus.

4. Kirimkan pesan seksi

Tak ada salahnya menggoda suami dengan mengirimkan pesan singkat yang seksi dan sedikit nakal, agar ia tahu apa yang ingin Anda lakukan dengannya saat ia tiba di rumah nanti.

5. Stop mengubahnya

Anda pasti ingin suami Anda berubah menjadi sosok yang lebih baik, maka wajar jika istri berusaha mengubahnya untuk lebih sehat, lebih tepat waktu, dan lebih mengutamakan keluarga. Namun, percayalah, Moms, hanya dirinya sendiri yang bisa mengubah itu semua. Apalagi, urusan berhenti merokok, lebih rajin olahraga, dan bangun lebih pagi di akhir pekan. Duh, itu semua harus berawal dari niat tulus pada dirinya sendiri.

6. Sajikan masakan favoritnya

Ini mungkin cara paling klasik, tapi paling efektif. Setelah lelah bekerja seharian, sambut ia dengan senyuman manis, pijatan lembut, dan makanan favorit yang Anda buat sendiri. Duh, besok-besok Dads pasti mau cepat pulang, deh!

7. Ucapkan terima kasih

Tak pernahkah Anda mengucapkan terima kasih atas segala kerja keras suami memenuhi kebutuhan rumah tangga? Jika selama ini Anda belum mengucapkan terima kasih, mungkin ini waktu yang tepat. Percayalah, ucapan sederhana seperti ini bisa membuat Dads makin semangat bekerja, makin cinta keluarga, dan tentu saja makin bahagia, Moms.

8. Rawat dirinya

Setelah seminggu penuh bekerja keras, sempatkan waktu untuk merawat dirinya. Mungkin hanya memijat lembut pundaknya, atau sekadar creambath rumahan berdua. Sentuhan tulus dari Moms pasti bisa mengembalikan semangat Dads dan menghangatkan api asmara Anda berdua.

9. Beri rayuan gombal yang lucu

Tidak pandai membuat lelucon? Ah, browsing saja! Mungkin awalnya aneh, tapi lama-lama rayuan gombal, pantun romantis, atau bahkan puisi lucu pasti bisa menebar tawa antara Anda berdua. Apa lagi sih yang lebih berharga dari tawa dan kebahagiaan yang mengisi rumah Anda?

10. Beri kejutan

Saat Anda tahu pekerjaan suami di kantor tidak terlalu padat, beri ia kejutan berupa ajakan makan siang di restoran terdekat dari kantornya. Atau, Anda juga bisa mengirimkan makanan lewat ojek online dengan pesan romantis atau penuh semangat untuk suami tercinta. Kejutan sederhana, tapi efeknya luar biasa.

11. Jangan mengungkit kesalahan

Siapa sih, yang tak pernah melakukan kesalahan? Namun, jika kesalahan itu terus diungkit, Anda bagai menyalakan kobaran api di rumah tangga Anda sendiri. Berdamailah dengan masa lalu dan tatap masa depan yang lebih baik lagi bersama suami tercinta.

Baca juga: 10 Cara agar Suami Jujur dan Terbuka

12. Sambut dengan wajah cantik

Sudah lelah bekerja, tapi sesampainya di rumah Anda justru menyambutnya dengan wajah muram dan penampilan yang tidak menarik. Wah, jangan sampai terjadi nih, Moms. Tidak ada salahnya lho, menyambut Dads pulang dengan penampilan cantik, wangi, dan penuh cinta.

13. Katakan cinta

Terkesan jadul, kaku, tapi ini bisa membuat Dads tergoda. Jangan ragu untuk bilang "Aku sayang kamu" ke suami Anda, karena pesan yang tulus pasti bisa membuat rumah tangga Anda makin romantis.

14. Bantu carikan solusi

Walau mungkin masalah suami Anda seputar pekerjaan, jangan ragu untuk membantunya mencari solusi terbaik (yang mungkin sederhana tapi tak terpikirkan olehnya).

15. Mengerti kondisinya

Pekerjaan mungkin sering membuat Dads pulang malam lagi, tidak makan masakan Anda lagi, dan tidak memeluk Anda lagi. Namun, percayalah, ia pun tak ingin itu terjadi. Sebagai istri, Moms perlu mengerti kondisinya dan jangan memperkeruh suasana.

16. Beri kenyamanan di rumah

Tak ada yang mau pulang ke rumah dan melihat semuanya berantakan. Walau mungkin aktivitas Anda dan suami sama-sama padat, tak ada salahnya untuk mengalah dan sedikit menata rumah agar Dads makin betah di rumah. Rumah yang nyaman, akan membuat penghuninya betah berlama-lama, bukan?

17. Puji dirinya

Tak hanya wanita, pria juga suka dipuji. Moms bisa memuji kerja keras Dads, caranya mengambil keputusan, atau bahkan sekadar memuji penampilannya yang makin keren dan ganteng.

18. Belajar mengenal waktu

Kami mengerti, istri pun perlu berkeluh kesah, istri juga perlu curhat. Namun, belajarlah untuk mengenal waktu dan cermatlah membaca momen. Sampaikan curhat panjang Anda di waktu yang tepat, yang tidak membebani suami dengan pikiran baru.

19. Belai lembut suami

Setelah Anda dan suami lelah beraktivitas seharian, kini waktunya untuk melepas rindu dengan menghabiskan waktu romantis berdua. Jangan malu untuk bilang betapa Anda merindukannya seharian. Jangan ragu untuk membelai lembut wajahnya. Walau terkadang pria malu untuk mengakui ia juga merindukan Anda, ia pasti menikmati momen romantis berdua dengan Anda.

20. Hibur suami

Dads mungkin lebih banyak menghabiskan waktunya di kantor. Karena itu, berikan ia waktu terbaik selama ia di rumah. Anda bisa menghiburnya dengan melakukan kegiatan sederhana yang ia sukai, entah sekadar bermain game bersama, mendengarkan lagu favoritnya, atau berdansa bersama sebelum tidur. Bercumbulah, lakukan semua aktivitas yang membuatnya terhibur. Lakukan dengan penuh cinta, dekap suami Anda, seperti tak ada lagi hari esok. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)