Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Cara Ampuh Melindungi Anak dari Incaran Pedofil

8 Cara Ampuh Melindungi Anak dari Incaran Pedofil

Geram, marah, sakit hati, takut, khawatir, dan semua perasaan buruk lainnya tentu Anda rasakan ketika mengetahui ada sekelompok grup pedofil yang selalu siap 'memangsa' anak-anak. Namun, perasaan sedikit lega mungkin juga menghampiri saat pembuat grup tersebut dan beberapa anggotanya ditangkap, serta dipolisikan.

Lalu, apakah kelompok pedofil ini kemudian hilang? Jawabannya: Tidak! Mereka tetap ada dan tugas Anda adalah memberi perlindungan dan pengetahuan pada anak agar tidak menjadi salah satu mangsa mereka.


Pedofil Adalah…

Anda pasti sudah tahu bahwa pedofil merupakan sebutan untuk pengidap pedofilia. Sementara, pedofilia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kelainan seksual yang menjadikan anak-anak sebagai objek seksnya. Lebih dalam lagi, pedofilia membuat pengidapnya berfantasi atau terdorong untuk melakukan kegiatan seksual dengan anak usia 13 tahun ke bawah.

Pengidap pedofilia umumnya pria dan mengincar anak laki-laki maupun perempuan sebagai mangsanya. Jumlah pria yang mengidap pedofilia hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti. Namun, jumlah tertinggi pria yang mengidap kelainan ini dalam suatu populasi bisa mencapai 3-5 persen. Angka yang sangat tinggi! Mengerikan, bukan?


Waspada Pedofil!

Anak-anak yang kurang perhatian atau merasa kesepian merupakan sasaran empuk bagi para pedofil. Sayangnya, pengidap kelainan ini cukup sulit dikenali, karena biasanya hanya dianggap sebagai sosok yang sayang terhadap anak-anak ketika dekat dengan mereka.

Oleh karena itu, Anda harus tetap waspada jika ada pria dewasa yang tampak sangat menyayangi Si Kecil, termasuk keluarga dekat. Terlebih, jika tindakannya 'tampak' berlebihan. Misalnya, sering membawa pergi tanpa sepengetahuan Anda atau bermain di kamar tanpa pengawasan. Anda mungkin akan terlihat sedikit paranoid, tetapi waspada itu harus ya, Moms.

Belum diketahui mengapa seseorang bisa mengidap kelainan ini. Ada beberapa yang bilang, bahwa pedofilia disebabkan oleh faktor keluarga. Tetapi, belum jelas apakah yang dimaksud adalah faktor genetik atau perilaku dalam keluarga tersebut.

Ada pula yang menyebut kelainan hormon pria atau kelainan serotonin kimia otak yang menyebabkan munculnya pedofilia. Kekerasan seksual yang terjadi di masa kecil juga disebut dapat menjadi faktor penyebab pedofilia.


8 Cara Ampuh Melindungi Anak dari Pedofil

Inilah 8 langkah ampuh yang harus Anda lakukan untuk melindungi Si Kecil dari pedofil, seperti dilansir dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), Care for Humanity.

1. Pastikan Anda memandikan dan memakaikan sendiri baju Si Kecil atau ia memakainya sendiri.

2. Selalu periksa bagian tubuh Si Kecil secara detail. Tanyakan dengan lembut jika ada sesuatu yang janggal.

3. Jangan biarkan orang tidak dikenal menyentuhnya tubuhnya.

4. Luangkan waktu untuk selalu mengobrol dan mendengarkan cerita Si Kecil.

5. Berikan kasih sayang dan pelukan sesering mungkin.

6. Pastikan Si Kecil mengenakan pakaian yang sopan meski masih bayi atau balita.

7. Jangan pernah memarahi dan menyalahkan Si Kecil, apalagi di depan umum.

8. Pastikan Anda selalu berkata baik dan lembut kepada Si Kecil. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)