Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Tips Merawat Si Kecil yang Sakit saat Anda juga Sakit

6 Tips Merawat Si Kecil yang Sakit saat Anda juga Sakit

Saat sakit, Si Kecil pasti menjadi lebih rewel dan membutuhkan perhatian ekstra. Dan sangat wajar jika Anda ingin merawat dan menjaganya. Tentu saja akan lebih mudah melakukan hal tersebut jika Anda sehat. Namun, bagaimana jika kondisi Anda juga sedang sakit?

Moms pastinya disarankan untuk tidak memaksakan diri apabila sedang merasa kurang sehat. Perhatikan kondisi Anda agar situasi tidak menjadi semakin sulit. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat Anda dan Si Kecil sakit.


1. Tidurlah saat Si Kecil Tidur

Kondisi tubuh yang tidak nyaman, misalnya karena demam, batuk, pilek, atau sakit lainnya, kerap membuat Si Kecil terus menangis. Kondisi ini juga akan membuatnya sulit tidur di malam hari. Tetapi, biasanya mereka tetap bisa tidur dengan cukup nyaman di pagi dan siang hari dengan waktu yang mungkin lebih panjang daripada biasanya.

Anda pun sebaiknya mengatur waktu tidur Si Kecil. Gunakan waktu tenang di pagi atau siang hari itu untuk tidur, agar dapat menyimpan tenaga sekaligus memulihkan kondisi tubuh. Ingatlah! Di malam hari, Anda membutuhkan ekstra tenaga untuk merawat Si Kecil yang mungkin rewel.


2. Makan dan Minum Bersama

Asupan makanan bergizi dan cairan seperti air putih, sangat penting untuk tubuh Anda agar bisa cepat pulih. Untuk menyiasati asupan gizi, lakukanlah kegiatan minum dan makan bersama Si Kecil. Selalu sediakan air putih di dekat Anda dan minumlah setiap Si Kecil menyusu, agar kadar cairan tubuh tetap terjaga.

Jika Si Kecil sudah MPASI, makanlah bersama sehingga Anda dan Si Kecil sama-sama semangat untuk makan. Meski dalam kondisi kurang sehat, berusahalah untuk tetap makan dan minum secara teratur sebagai proses pemulihan.


3. Perhatikan Diri Sendiri

Meski sibuk mengurus Si Kecil, Anda tetap harus memerhatikan kebutuhan diri sendiri. Jangan sampai kondisi Anda malah semakin parah. Penuhi semua kebutuhan Anda saat sakit, dari makanan, minuman, hingga obat-obatan dan sebisa mungkin perbanyaklah waktu istirahat. Yakinlah bahwa hal itu akan membuat Anda pulih, sehingga bisa konsentrasi merawat Si Kecil.


4. Fokus pada Kesehatan dan Lupakan Hal Lain

Anda mungkin gemas melihat rumah yang berantakan atau pakaian yang belum sempat disetrika. Namun ingatlah bahwa Anda harus menyimpan tenaga untuk melakukan hal lain yang lebih penting dibandingkan membereskan rumah.

Ketahuilah saat sedang sakit, 30 menit saja melakukan kegiatan yang cukup berat, seperti bersih-bersih, akan membuat Anda merasa kelelahan hingga tidak bisa melakukan aktivitas lain yang mungkin mendesak. Jadi, jangan buang tenaga.


5. Rawat Si Kecil dari Tempat Tidur

Rawatlah Si Kecil dari tempat tidur dan perlakukan ia seperti bayi yang baru lahir. Saat sakit, ia boleh menyusu dan bermain di tempat tidur. Hal ini akan membuat Anda memiliki lebih banyak waktu beristirahat. Selain memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit Si Kecil, kondisi ini pun akan menguatkan bonding antara Anda dan Si Kecil.


6. Minta Bantuan

Mintalah bantuan orang lain untuk mengatasi kondisi tersebut. Libatkan suami untuk bergantian merawat dan menjaga Si Kecil. Jika ia harus bekerja, jangan ragu untuk meminta bantuan orang tua, mertua, atau teman dekat untuk menjaga Si Kecil agar Anda bisa beristirahat.

Jangan lupa memberitahu kebutuhan Si Kecil selama mereka menjaganya, supaya Anda merasa tenang dan bisa beristirahat. Pikiran yang tenang akan membantu kesembuhan Anda lho, Moms. Semoga lekas sembuh! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)