Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Tips Mengajarkan Anak Membaca Alquran

Tips Mengajarkan Anak Membaca Alquran

Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk memperbanyak melakukan ibadah guna memperoleh pahala sebanyak-banyaknya. Di bulan ini, kita juga bisa mengajarkan pada anak berbagai macam ibadah agar ia belajar mengenalnya. Salah satunya adalah membaca kitab suci Alquran.

Meskipun begitu, untuk sebagian orang tua, mengajarkan anak membaca Alquran bisa jadi merupakan suatu aktivitas yang memusingkan, sehingga pengajaran Alquran kemudian diserahkan sepenuhnya kepada guru mengaji.

Tapi jika Anda ingin mengajarkan Si Kecil mengenal bacaan Alquran, itu lebih baik lho, Moms dan Dads. Berikut ini tips mudah agar Anda bisa mengajarkan anak membaca Alquran.


1. Dengarkan Alquran sejak Anak Dalam Kandungan 

Agar anak terbiasa dengan ayat-ayat di dalam Alquran, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperdengarkan Alquran setiap hari, dimulai sejak anak masih berada di dalam rahim. Jika yang paling sering didengar anak adalah Alquran, maka akan lebih mudah baginya untuk mencintai Alquran dan mempelajarinya.


2. Gunakan Metode yang Menyenangkan 

Masa balita adalah masa bermain, karena itu kegiatan mengenal Alquran pun harus dibuat menyenangkan seperti permainan. Dengan cara ini, Si Kecil akan menikmati belajar mengenal huruf Alquran dan membaca Alquran sama halnya saat ia menikmati kegiatan bermain.


3. Membaca secara Rutin 

Tentunya Moms dan Dads sudah paham bahwa kita bisa menguasai suatu keterampilan dengan mudah jika kita berlatih dan melakukannya terus-menerus atau berulang kali. Begitu juga dengan membaca Alquran. Jika Si Kecil dilatih terbiasa mengenal dan membaca ayat-ayat Alquran secara rutin, maka ia akan bisa menguasainya dalam waktu yang cepat.


4. Menceritakan Kisah-Kisah di Dalamnya

Untuk membuat Si Kecil senang belajar membaca Alquran, Anda juga bisa menceritakan kisah-kisah yang terdapat dalam kitab suci tersebut. Misalnya kisah tentang para nabi dan rasul utusan Allah SWT, dan juga banyak kisah menarik lainnya yang bisa diambil hikmahnya.


5. Selalu Sabar 

Salah satu yang terpenting dalam proses mengenalkan anak pada bacaan Alquran adalah sikap selalu sabar dengan proses belajar Si Kecil. Anda mesti ingat, kemampuan belajar setiap anak masing-masing berbeda, sehingga hasil yang didapat juga tidak akan sama kecepatannya. Namun, satu yang perlu Anda percayai, Moms dan Dads, anak Anda akan bisa melakukannya jika ia belajar dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan dukungan dari Anda setiap saat.

Selamat mencoba, Moms dan Dads! (M&B/SW/Dok. Freepik)