Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Rekomendasi Body Lotion Aman untuk Ibu Hamil

10 Rekomendasi Body Lotion Aman untuk Ibu Hamil

Selama menjalami masa kehamilan, Moms tentu mengalami beragam perubahan pada tubuh, termasuk kondisi kulit. Seiring dengan perubahan yang dialami selama kehamilan, perubahan hormon akan memengaruhi kulit. Selain peregangan kulit yang bisa berujung pada timbulnya stretchmark, beberapa masalah kulit seperti kulit yang lebih kering dan hiperpigmentasi seringkali terjadi pada ibu hamil. Karena itu, Moms juga perlu memberikan perawatan ekstra untuk kulit, salah satunya dengan menggunakan body lotion.

Menurut para dokter kulit, segala sesuatu yang ibu makan atau aplikasikan pada kulit dapat memengaruhi tidak hanya tubuh ibu, tetapi juga perkembangan janin dalam kandungan. Karena itu, Moms tentunya juga perlu memerhatikan produk perawatan kulit yang Moms gunakan. Pastikan body lotion yang Moms gunakan tidak mengandung bahan berbahaya bagi ibu hamil seperti retinoid, retinol, salicylic acid, merkuri, hidrokuinon, PABA, dan ekstrak soya. Pilih juga produk yang hypoallergenic, less fragrance, bukan lotion pencerah/ pemutih, dan mengandung komposisi minimal. 

Berikut rekomendasi body lotion yang sudah terbukti aman untuk ibu hamil dari M&B. Coba yuk, Moms! 


1. Cahaya Naturals Orange Tamanu Nourishing Botanical Hand & Body Lotion


Bahan utama minyak Tamanu pada lotion ini akan membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, serta mengurangi bekas luka dan stretchmarks. Aroma orange essential oil-nya juga akan menyegarkan dan membangkitkan mood Anda. Merek produk perawatan kulit asli Indonesia ini hanya menggunakan bahan-bahan alami lokal tanpa melibatkan bahan kimia berbahaya, SLS, paraben, silikon, mineral oil, pengawet dan pewangi sintentis. Jadi, sudah tentu aman untuk ibu hamil. Selain itu, brand ini juga sudah mengantongi sertifikat dari BPOM dan Halal MUI lho, Moms.

Untuk beli klik di sini SHOPEE


2. Sensatia Botanicals Hydrating Body Lotion


Moms, yuk rawat kulit kering Anda dengan lotion yang cepat menyerap namun mampu memberi kelembapan yang tahan lama ini. Body lotion ini mengandung minyak kelapa sebagai bahan dasar serta bengkuang, ekstrak licorice, serta aroma citrus yang menyegarkan. Minyak kelapa sendiri merupakan pelembap alami dengan manfaat anti bakteri dan anti jamur. Sedangkan bengkuang akan membantu meratakan warna kulit dan dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas.

Untuk beli klik di sini LAZADA


3. Sukin Soothing Body Lotion Sensitive


Merk asal Australia ini sudah dikenal dengan produk-produknya yang vegan dan terbuat dari bahan-bahan alami dengan kualitas terbaik. Diformulasi khusus untuk kulit sensitif, body lotion ini terasa sangat ringan, lembut dan meresap ke dalam kulit dalam hitungan detik begitu diaplikasikan. Namun, kemampuannya untuk melembapkan dan merawat kulit tidak perlu Anda ragukan, Moms. Kandungan aloe vera, timun, dan chamomile-nya sudah terbukti akan menjaga kulit tetap lembap seharian. Aplikasikan ke seluruh tubuh sesaat setelah mandi.

Untuk beli klik di sini LAZADA


4. Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion


Jika dibandingkan dengan body lotion yang pada umumnya bertekstur agak cair, produk yang satu ini memiliki tekstur yang lebih padat dan creamy. Namun ternyata sangat mudah diratakan pada kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Rahasianya terdapat pada formula Epidermal Repleneshing Complex5 (ERC5) yang mengombinasikan 5 bahan unik untuk melembapkan kulit selama 24 jam. Saat diaplikasikan, ada sensasi menyejukkan yang bisa meredakan rasa gatal pada kulit yang superkering.

Untuk beli klik di sini LAZADA


5. The Body Shop Almond Milk & Honey Body Yogurt


Almond dan madu memang sudah sangat dipercaya khasiatnya dalam melembapkan kulit. Pelembap tubuh bertekstur gel-krim revolusioner dari The Body Shop ini diformulasi dengan Community Trade almond milk dan hyaluronic acid untuk melembapkan tubuh seharian tanpa rasa lengket. Aroma almondnya pun sangat lembut dan menyegarkan, Moms. 

Untuk beli klik di sini LAZADA


6. Aveeno Daily Moisturizer Body Lotion


Produk ini digadang-gadang mampu mengatasi kulit kering hanya dalam 1 hari dan akan memberikan pengaruh yang signifikan pada kulit apabila digunakan secara rutin selama 2 minggu. Kandungan bahan utamanya yaitu colloidal oatmeal akan membuat kulit terasa halus, lembut dan terlihat sehat berkilau. Body lotion ini juga bebas parfum, Moms. 

Untuk beli klik di sini LAZADA


7. St. Ives Nourish & Soothe Oatmeal Shea Butter Body Lotion


Body lotion ini memiliki formula krim yang lembut dan tidak berminyak. Diperkaya dengan kandungan oatmeal dan shea butter yang mampu menutrisi, melembapkan, dan memberi kilau sehat pada kulit. Jika Moms menyukai body lotion dengan wangi manis yang creamy, produk ini tentunya bisa masuk ke dalam daftar teratas produk perawatan kulit Anda. 

Untuk beli klik di sini LAZADA


8. Burt's Bees Mama Bee Belly Butter, Fragrance-Free Lotion


Meskipun dilabeli sebagai lotion untuk perut, produk ini juga bisa Moms gunakan di seluruh area tubuh. Teksturnya sangat rich dan akan menjaga elastisitas kulit yang terus meregang selama periode kehamilan Anda. Setelah melahirkan, Anda pun bisa meneruskan memakainya untuk mengembalikan kekencangan kulit.


Untuk beli klik di sini SHOPEE

9. Palmers Cocoa Butter Daily Skin Therapy


Palmers adalah salah satu 'pemain lama' di dunia skin care khusus untuk ibu hamil. Nah, jika Anda tidak terlalu menyukai pelembap kulit yang bertekstur 'berat' untuk penggunaan sehari-hari, body lotion ini bisa menjadi pilihan. Teksturnya sehalus velvet, menyerap dengan cepat dan mampu 'mengunci' kelembapan pada kulit Anda selama berjam-jam. Aplikasikan secara rutin untuk menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan sehat. Oh ya, body lotion ini juga cocok untuk kulit yang rentan terkena eczema.

Untuk beli klik di sini SHOPEE


10. Clarins Moisture-Rich Body Lotion


Harganya memang cukup mahal, tapi M&B yakin Anda tidak akan menyesal membelinya. Hampir semua produk Clarins menjadi andalan para ibu hamil, termasuk produk yang satu ini. Tidak hanya melembapkan, body lotion ini juga mampu mengurangi tanda-tanda penuaan, menghilangkan sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit sehingga tampak lebih sehat dan segar.

Untuk beli klik di sini SHOPEE

(Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik, istimewa)