Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Enam Kekuatan Mental yang Harus Dimiliki Si Kecil

Enam Kekuatan Mental yang Harus Dimiliki Si Kecil

Di zaman seperti saat ini, memiliki mental yang kuat dalam menghadapi segala hal sangat dibutuhkan dalam diri setiap orang. Christine O'Riordan, penulis di situs Forbes.com, mengatakan bahwa di masa depan dunia membutuhkan orang-orang bermental kuat untuk menjalankan kehidupan.

Dengan masing-masing orang yang memiliki mental kuat, maka kehidupan di dunia bisa berlangsung damai dan sejahtera. Untuk membantu, berikut enam kekuatan mental yang harus Anda tanamkan sejak dini kepada Si Kecil agar ia menjadi unggul dan mampu bertahan, Moms:


1. Luwes

Dalam situasi yang tidak menentu, orang bermental baja masih bisa tetap tenang untuk memikirkan langkah berikutnya yang akan diambil. Sikap tenang ini tentu akan melahirkan penyelesaian yang cerdas dan mungkin tepat.


2. Cepat Tanggap

Meski dalam situasi tertekan, orang bermental baja akan mampu melihat kesempatan, tantangan, dan kebutuhan sekelilingnya. Kepekaan ini akan membantu Si Kecil untuk bisa bermanfaat, tak hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain.


3. Fokus

Mental yang kuat membuat seseorang bisa tetap fokus meski di saat mereka sudah hampir "kalah". Mereka akan tetap berusaha keras memberikan yang terbaik sampai tantangan mampu untuk diselesaikan dengan baik.


4. Berani dan Beretika

Keberanian akan membuat seseorang bisa mengambil keputusan sulit. Si mental baja pun akan tetap memikirkan etika sehingga keputusan yang diambil tidak merugikan orang lain.


5. Optimis dan Mampu Mengakui Kesalahan

Menyadari kesalahan, mengakuinya dan menyusun langkah perbaikan adalah sikap yang harus selalu Anda ajarkan kepada Si Kecil. Mereka akan lebih siap dan mampu memperbaiki situasi dengan baik dan melangkah ke depan, tanpa menyalahkan diri sendiri.


6. Sportif

Si Mental baja akan menghadapi kekalahan dengan sportif atau bisa menerimanya dengan lapang dada. Meski kalah, mereka akan tetap 'mengangkat dagu' dan berlatih lebih keras untuk menghadapi pertarungan berikutnya.

Lalu, apakah Si Kecil sudah disiapkan untuk memiliki mental yang kuat di masa depan kehidupannya? Jika belum, yuk mulai latih ia dari sekarang, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)