Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mudah Lupa? Ini 5 Tips untuk Mempertajam Memori Anda

Mudah Lupa? Ini 5 Tips untuk Mempertajam Memori Anda

Bertambahnya usia dan begitu banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan ternyata dapat menyebabkan penurunan daya ingat lho, Moms. Jika dibiarkan saja, tentu hal ini akan merugikan Anda. Untuk mengatasi masalah gampang lupa ini, yuk, ikuti saja 5 tips mudah berikut ini, Moms.


1. Tantang Otak Anda

Percaya atau tidak, pertanyaan sederhana seperti, "Mana yang lebih dahulu ada di bumi, telur atau ayam? Ternyata berguna untuk menstimulasi ketajaman otak. Menurut penelitian Rush Medical School, pertanyaan sederhana seperti itu mampu membuat otak untuk berpikir, menganalisis, dan mengingat sesuatu.

Maka, saat Anda mulai merasa cepat lupa, cobalah asah kembali otak Anda dengan melakukan permainan, misalnya, mencari kata, rubiks, atau catur. Selain itu, rajinlah membaca koran dan menulis cerita. Mudah, bukan?


2. Bersosialisasi

Menjalin hubungan baik dengan orang lain ternyata tidak hanya membuahkan kebahagiaan, tetapi juga bisa mencegah terjadinya penurunan daya ingat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang lebih aktif bersosialisasi ternyata berisiko lebih kecil terhadap penurunan daya ingat dan terhindar dari serangan dementia atau penyakit alzheimer di usia tua.

Kabar baiknya, Anda tidak harus memiliki ribuan teman di Facebook untuk bisa bersosialisasi. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menjaga dan mempertahankan hubungan baik dengan teman-teman dan keluarga Anda, Moms. 


3. Kelola Stres dengan Baik

Saat mengalami stres berat, fungsi otak pun akan terganggu yang menyebabkan Anda cepat lupa. Tak hanya itu, stres juga dapat memicu kecemasan berlebih pada otak. Karenanya, jika Anda stres, cobalah untuk mengelolanya dengan melakukan berbagai kegiatan yang bisa membuat pikiran rileks, seperti pergi berlibur ke tempat favorit. Berolahraga dan bermeditasi juga bisa membuat otak Anda kembali rileks lho, Moms.


4. Perhatikan Asupan Makanan

Berat otak memang hanya 2 persen dari berat total tubuh, tetapi otak menyerap 20 persen energi dan nutrisi dari setiap asupan yang Anda konsumsi. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan otak dapat terpenuhi dengan baik.

Ikan, kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak, aneka sayuran, dan buah-buahan merupakan jenis asupan yang terbaik bagi otak Anda, Moms.


5. Olahraga dan Selalu Aktif

Selain melindungi otak dari serangan penurunan daya ingat, aktivitas fisik seperti melakukan kegiatan rutin rumah tangga dan pekerjaan kantor, serta olahraga dilaporkan mampu memperkuat ikatan antar sel otak, serta memacu produksi sel lainnya secara alami. Otak Anda pun menjadi bekerja dengan lebih baik.

Lakukanlah latihan fisik yang memadukan unsur kardio, kekuatan, dan keseimbangan tubuh selama 20-30 menit setiap harinya, agar tubuh sehat dan otak Anda pun tetap tajam. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)