Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Mudah untuk Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

5 Tips Mudah untuk Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

Opor ayam, rendang, dan sambal goreng hati! Wah, menu-menu khas Lebaran ini memang sangat lezat dan sayang untuk dilewatkan ya, Moms. Terlebih banyak yang bilang, Lebaran belum lengkap kalau belum makan opor dan ketupat. Wajar saja kalau selera makan Anda jadi meningkat karena tergoda dengan aroma mantap dari aneka daging dan santan kental yang menggiurkan.

Bolehkah menyantap menu khas Lebaran itu? Boleh saja jika memang Anda tidak ada pantangan. Namun jangan terlalu banyak dan sering ya, Moms, karena makanan bersantan dan berlemak tinggi tersebut pasti tidak baik buat kesehatan kita. Bisa-bisa, Anda berisiko terkena penyakit seperti hipertensi, diabetes, diare, dan maag.

Nah, agar pola makan Anda setelah Lebaran kembali seperti semula, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini, Moms.

1. Halo, sayur dan buah!

Setelah beberapa hari akrab dengan daging-dagingan dan santan kental, kini sudah waktunya bagi Anda untuk mengatakan selamat tinggal pada itu semua dan katakan "halo" pada sayur dan buah. Agar pencernaan kembali lancar setelah sering makan makanan tinggi lemak, maka Anda perlu melancarkan kembali dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah. Kandungan seratnya sangat diperlukan untuk melancarkan pencernaan Anda kembali, Moms.

2. Hindari fast food

Tidak mengonsumsi makanan khas Lebaran, tetapi beralih ke junk food atau fast food? Sama saja dong, Moms. Sebaiknya, hindari makanan tidak sehat seperti ini terlebih dahulu ya, Moms. Saran ini tidak hanya berlaku untuk Anda sendiri, tapi juga untuk Si Kecil lho, Moms.

3. Siapkan makanan sebelum lapar

Ketika Anda mencari makanan saat lapar, Anda akan cenderung mengonsumsi makanan apa saja yang ada di depan mata. Namun, bagaimana kalau adanya makanan yang tidak sehat? Besar kemungkinan Anda akan memakannya begitu saja, Moms. Nah, untuk menghindari kemungkinan itu, sebaiknya siapkan makanan sehat sebelum Anda mengalami lapar.

4. Ganti daging dengan ikan

Bagi Anda yang berpegang teguh pada "makan enggak enak kalau enggak ada lauk", maka Anda bisa mengganti daging merah dengan ikan. Ini hanya untuk sementara kok, Moms, hanya sampai pencernaan Anda kembali seperti semula setelah pesta santan saat Lebaran kemarin.

5. Seimbangkan dengan smoothies

Jika sayur dan buah terasa begitu "tawar" buat Anda, maka Anda bisa coba mengonsumsi smoothies buah segar sebagai camilan yang sehat. Anda bisa mencampur susu almond, strawberry, pisang, dan chia seed menjadi smoothies yang enak, sehat, dan kaya serat. Selamat mencoba, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)