Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Ini Penjelasannya, Moms

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Ini Penjelasannya, Moms

Durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Aromanya yang menyengat dan rasanya yang sangat lezat menjadikan durian yang dijuluki sebagai king of fruit atau raja buah ini sebagai favorit dan kegemaran banyak orang, termasuk mungkin Anda ya, Moms.

Namun, bagaimana jika Anda masih menyusui bayi Anda? Apalagi jika ternyata Anda adalah penggemar durian. Kita kerap mendengar orang-orang berkata bahwa durian tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Lantas bagaimana dengan ibu menyusui?

Tentunya sering muncul pertanyaan dalam diri Anda yang tengah menyusui Si Kecil, bolehkah ikut merasakan nikmatnya makan buah ini? Moms mungkin saja merasa khawatir dengan pengaruhnya terhadap ASI dan kesehatan Si Kecil jika Anda makan durian.

Baca juga: MPASI Durian, Bolehkah Diberikan untuk Bayi?

Bolehkah ibu menyusui makan durian?

Durian kaya serat, vitamin B kompleks, dan sejumlah mineral penting. Buah ini juga tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh yang berbahaya buat kesehatan, seperti yang dikatakan banyak orang.

Jadi, berbicara tentang keamanan mengonsumsi durian untuk ibu menyusui, sebenarnya tidak ada masalah, kok. Moms yang tengah menyusui dan gemar makan durian aman-aman saja makan buah ini.

Durian juga tidak memiliki pengaruh buruk terhadap kualitas ASI dan kesehatan bayi Anda. ASI yang jadi makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi bersifat steril, sehingga tidak akan berpengaruh jika Moms makan durian dan menyusui Si Kecil. Jadi, Anda jangan malah berhenti menyusui bayi untuk sementara setelah makan durian. Tetaplah menyusui seperti biasa ya, Moms.

Yang perlu diperhatikan saat makan durian

Seperti telah disebutkan di atas, kalau Moms yang menyusui ingin makan durian, silakan makan. Tidak ada larangan tertentu bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi durian. Namun, Anda diminta makan secukupnya. Buat Anda penggemar durian, harap jangan berlebihan saat mengonsumsinya ya, Moms.

Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan durian mengandung kalori dan gula yang tinggi. Dalam jumlah yang cukup, keduanya bisa bermanfaat sebagai suplai energi. Namun, jika berlebihan, keduanya akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Tentunya ini akan berefek pada pertambahan berat badan Anda dan kadar gula darah dalam tubuh Anda, Moms.

Selain itu, konsumsi durian yang berlebihan akan menyebabkan masalah pada saluran pencernaan di tubuh, seperti perut kembung dan sesak, akibat menumpuknya gas dalam lambung. Hal ini tentunya akan membuat Moms merasa kurang nyaman dengan tubuh. Nah, ketidaknyamanan ini dikhawatirkan akan mengurangi mood Anda saat menyusui Si Kecil.

Manfaat durian buat tubuh

Ada sejumlah manfaat yang justru bisa diperoleh ibu menyusui dari mengonsumsi durian, antara lain:

1. Durian mengandung antioksidan yang bisa membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh Anda.

2. Serat dalam durian membantu proses pencernaan serta menjaga kadar kolestrol dan kesehatan jantung.

3. Durian mengandung kalium yang mampu membantu proses metabolisme yang menjaga kepadatan otot dan tulang serta bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Durian kaya vitamin dan protein yang penting buat ibu menyusui.

Jadi, bagi Moms penggemar durian yang tengah menyusui bayi, tak usah ragu untuk menikmati buah ini. Namun, harap diingat, kuncinya adalah makan secukupnya, tidak berlebihan. (M&B/SW/Foto: Freepik)