Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Ampuh untuk Ibu-Ibu Modern Zaman Now

Tips Ampuh untuk Ibu-Ibu Modern Zaman Now

Beda zaman, beda generasi, beda pula dunia yang berkembang di sekitarnya. Apa saja yang terjadi di dunia ibu masa kini?


Terlalu Banyak Pilihan, Sulit Memutuskan

Akses internet, informasi, dan ragam sumber pengetahuan dari buku maupun majalah, seringkali membuat para ibu bingung tentang cara mengasuh anak mereka. Masalahnya, sumber informasi itu terkadang tidak memakai dasar ilmu yang sama, sehingga terasa bertentangan. Semakin banyak mencari jawaban,  akansemakin bingung pula Anda jadinya.

Tips M&B: Tarik napas panjang dan pikirkan matang-matang keputusan Anda. Informasi yang saling silang, mungkin bisa Anda diskusikan dengan para ahli. Misalnya, jika terkait kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung ke dokter anak. Sebenarnya, asal Anda tahu, mungkin ibu Anda dulu juga punya anggapan yang sama seperti Anda sekarang. Bahwa zaman berubah dan membawa begitu banyak kemajuan yang tidak Anda mengerti.


Aman = Mahal

Waktu Anda kecil, Anda bisa bermain bebas di lapangan, dan ibu Anda hanya mengawasi dari jauh sambil mengobrol dengan ibu lain. Namun sekarang, mustahil membiarkan anak bermain tanpa pengawasan ketat. Anda takut Si Kecil diculik atau menjadi korban kejahatan lainnya.

Masalah ini bertambah jika Anda bekerja. Demi keamanan maksimal, Anda terpaksa harus menitipkan anak ke daycare terpercaya, atau merekrut pengasuh dari yayasan terkenal untuk menemani anak di rumah. Pengeluaran yang tidak sedikit ya, Moms.

Tips M&B: Telitilah sebelum memutuskan untuk punya pengasuh atau memasukkan bayi Anda ke daycare. Pertimbangkan untung ruginya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan yang terpenting, sesuaikan pula dengan budget Anda.


Teknologi yang Menarik

Begitu banyak gadget yang menarik perhatian Anda dan Si Kecil. Gadget memang tak sepenuhnya buruk, karena dengan cara yang tepat, gadget ada baiknya juga untuk membantu anak belajar. Namun jika pemberian gadget untuk anak tidak disertai pengawasan dan tidak mengikuti cara yang dianjurkan para pakar, bisa bahaya lho, Moms!

Tips M&B: Segala hal yang berlebihan memang tak baik. Maka, Moms harus bijak dalam memberikan gadget untuk anak, dan pastikan anak menggunakannya untuk belajar, bukan untuk berlarut-larut dalam games. Terapkan aturan yang jelas untuk bermain gadget, misalnya hanya boleh di akhir pekan, tidak lebih dari 1 jam, dan harus dalam pantauan orang tua. Dengan aturan yang jelas, anak tidak akan kecanduan gadget. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)