Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Kulit bayi yang sangat halus dan lembut serta sensitif tentu harus dirawat dengan hati-hati ya, Moms. Nah, agar Anda tak salah dalam melakukan perawatan kulit Si Kecil karena adanya mitos-mitos yang belum tentu benar, simak penjelasan M&B berikut ini.


1. Satu-satunya yang Anda butuhkan untuk membersihkan Si Kecil adalah air.

Mitos ini salah, karena air saja tidak cukup untuk membersihkan dan membunuh bakteri, terutama yang ada di sekitar daerah popok, yaitu bokong dan paha Si Kecil.

"Saat Anda hendak memandikan atau membersihkan Si Kecil, jangan hanya menggunakan air karena air bukan pembersih yang efektif," kata Prof. Michael J. Cork, Kepala Akademi Dermatologi dari University of Sheffield, Inggris.

Gunakan air plus produk pembersih khusus untuk bayi saat memandikan Si Kecil. Air saja tidak cukup karena pH (derajat keasaman) air 7,5, sehingga dapat menyebabkan kulit bayi (yang pH-nya 5,5) menjadi kering. Air yang kurang bersih juga berpotensi menyebabkan efek negatif bagi kulit bayi yang lembut.


2. Semua produk pembersih tidak baik untuk kulit bayi.

Mitos ini salah, karena menggunakan produk yang tepat atau yang memang dikhususkan untuk bayi justru sangat baik, sebab produk yang tepat tersebut dapat menjaga pH kulit bayi tetap stabil di derajat keasaman 5,5. Dengan begitu, kulit bayi Anda akan tetap terjaga kelembapannya meskipun dibersihkan dengan produk pembersih, Moms.


3. Minyak dari bahan mineral tidak cocok untuk kulit bayi.

Mitos ini salah, karena beberapa minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan justru mengandung asam lemak acid yang bisa merusak lapisan kulit. Bahkan minyak zaitun yang banyak digunakan untuk pijat bayi pun sebenarnya kurang sesuai untuk kulit bayi.

Karena itu, bayi yang secara genetik berpeluang memiliki penyakit eksim sebaiknya tidak menggunakan minyak dari tumbuh-tumbuhan atau minyak zaitun.

Pilih produk minyak bayi yang memiliki bahan dasar mengandung mineral yang memang dibutuhkan untuk membantu mengatasi eksim pada kulit bayi, Moms.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Kulit Bayi

(M&B/SW/Dok. Freepik)