Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pria Juga Butuh Asam Folat

Pria Juga Butuh Asam Folat

Coba perhatikan kebiasaan makan Anda, apakah pola makan dan nutrisi Anda
tercukupi dengan baik? Hasil penelitian dari McGrill University di Montreal, Kanada, menyatakan bahwa pola makan para calon ayah juga berperan penting bagi kesehatan anak-anaknya kelak.

 

Para peneliti tersebut memperhatikan kadar asam folat yang dimiliki wanita dan pria, yang berperan besar terhadap pencegahan cacat otak dan tulang belakang. Selama ini, para wanita dianggap berperan penting dalam mencegah kelainan bawaan. Oleh karena itu, para bumil diwajibkan mengasup asam folat yang mencukupi. Namun ternyata, kecukupan asam folat pada pria juga sangat berpengaruh bagi keturunan mereka kelak.

 

Kekurangan asam folat pada pria ditemukan memengaruhi kualitas sperma yang mereka bawa. Hasil penelitian juga mengungkapkan, hampir 30 persen pria dengan asam folat yang rendah berpotensi memiliki keturunan dengan kelainan bawaan.

 

Dokter Kimmins, ketua tim penelitian, mengatakan, “Anda saat ini adalah apa yang ayahmu makan, dan juga putra-putri Anda kelak." Kemudian para ilmuwan menyarankan para calon ayah untuk  menerapkan kebiasaan makan yang lebih
baik demi kesehatan keturunannya. Mereka pun menyarankan para pria untuk
menghindari junk food dan mengutamakan sayuran dan buah dalam diet sehari-hari.

 

Sumber terbaik dari asam folat, di antaranya, brokoli, kubis, bayam, asparagus, kacang polong, hati, buncis, dan beras merah. Pria yang senang mengonsumsi junk food dinilai para peneliti menjadi salah satu pemicu kegemukan pada tubuhnya. Diketahui, konsumsi makanan berlemak dapat memengaruhi kadar insulin, yang akhirnya memengaruhi produksi asam folat. Ia juga meminta para pria untuk menjauhi minuman atau makanan beralkohol, yang dapat merusak pembentukan vitamin dalam tubuh. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)