Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Moms, Ini Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Seafood

Moms, Ini Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Seafood

Sebagian besar kasus alergi memang bisa muncul saat masih kanak-kanak, seperti alergi seafood atau makanan laut. Namun alergi jenis ini juga dapat timbul ketika seseorang berusia dewasa. Kondisi ini bisa tiba-tiba muncul setelah mengonsumsi makanan laut tertentu yang selama ini sebelumnya tidak menimbulkan alergi.

Reaksi alergi biasanya akan terasa dalam hitungan menit atau jam setelah makan seafood. Hal ini terjadi karena reaksi abnormal atau berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap protein yang terkandung di dalam makanan laut tertentu. Beberapa gejala yang muncul di antaranya adalah:

• Rasa gatal dan kering di area kulit.

• Terjadi pembengkakan pada bibir, lidah, atau tenggorokan.

• Hidung tersumbat dan sesak napas.

• Sakit perut dan diare.

• Kepala pusing hingga pingsan.

Kondisi tersebut bisa menjadi semakin parah, hingga dapat membahayakan nyawa penderitanya. Ini dikenal dengan syok anafilaktik. Reaksi alergi ini termasuk sebagai kondisi gawat darurat dan harus segera mendapatkan pertolongan melalui tindakan medis.


Cara Mengatasi Alergi

Makanan laut yang disajikan dengan saus padang atau diolah dengan cara dibakar memang sangat nikmat, Moms. Namun, kesegaran seafood juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan, karena inilah yang menjadi salah satu faktor timbulnya alergi di tubuh Anda.

Maka, sebelum alergi tersebut timbul, Anda bisa melakukan tes alergi terlebih dahulu. Anda atau Si Kecil akan diambil sampel darah atau tes dengan kulit saja. Tetapi, apabila alergi sudah terlanjur muncul, atasi segera dengan beberapa pengobatan alami berikut ini:

1. Konsumsi lemon dan madu

Alergi seafood bisa diatasi dengan mengonsumsi campuran air hangat dengan perasan lemon dan madu. Lemon sendiri bermanfaat untuk mengurangi alergi, dan madu mengandung vitamin yang mampu menghilangkan gatal-gatal. Dengan mengonsumsi campuran ini, alergi Anda dan Si Kecil bisa cepat reda.

2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E 

Vitamin E mengandung sifat antialergen yang dapat membantu mengurangi dan mencegah alergi terhadap suatu makanan. Anda bisa mengonsumsi sumber vitamin E seperti kacang tanah, bayam, dan alpukat untuk mengatasi alergi seafood.

3. Minum air kelapa murni

Air kelapa muda memang dipercaya bisa mengatasi alergi, khususnya seafood, karena mengandung sifat detoksifikasi dan zat kalium yang cukup tinggi. Jika Anda mengonsumsi air kelapa muda atau kelapa hijau yang murni (tanpa campuran gula dan es), maka reaksi alergi bisa cepat teratasi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)