Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sumber-Sumber Masalah dalam Keuangan Keluarga

Sumber-Sumber Masalah dalam Keuangan Keluarga

Banyak orang mengalami masalah keuangan, namun tidak memahami apa yang menjadi penyebabnya. Agar hal itu tidak terjadi terhadap keuangan keluarga Anda, ketahui apa saja yang dapat menyebabkan munculnya masalah keuangan seperti berikut ini, Moms.


Tidak Memiliki Dana Darurat

Kepemilikan dana darurat nyatanya sangat penting, sebab Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Misalnya, Si Kecil mendadak sakit dan memerlukan biaya perawatan besar atau Anda di-PHK. Dengan adanya dana darurat, kondisi ini tidak akan terlalu memberatkan Anda.


Tidak Paham Keinginan dan Kebutuhan

Coba ingat, berapa kali Anda belanja berdasarkan keinginan, bukan kebutuhan? Salah satu penyebab masalah keuangan adalah Anda tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Karenanya, saat berbelanja buatlah daftar barang-barang yang akan dibeli. Dan sebelum membelanjakannya, tanyakan kepada diri sendiri, apakah Anda benar membutuhkan hal tersebut atau tidak.


Tidak Punya Catatan Pengeluaran

Memiliki catatan pengeluaran akan membantu Anda mengontrol uang yang keluar dari dompet atau tabungan. Selain itu, Anda pun akan lebih dimudahkan dalam melakukan perencanaan keuangan. Anda bisa mencantumkan semua transaksi yang dilakukan, dari biaya beli perlengkapan Si Kecil, uang sekolah setiap bulan, hingga pengeluaran harian seperti bensin, beli camilan, dan sebagainya.


Gaya Hidup Berlebihan

Pastikan setiap pengeluaran Anda dilakukan sesuai dengan kemampuan. Jangan pernah menghamburkan uang untuk membeli sesuatu hanya karena ingin 'terlihat' atau diakui oleh orang lain. Terlalu sering hangout di restoran setiap hari juga jadi salah satu gaya hidup yang membuat tabungan Anda cepat habis.


Tidak Dapat Menolak

Berhati-hati terhadap iklan dan penawaran penjualan barang yang dilakukan oleh teman atau keluarga Anda. Banyak orang yang terpaksa boros, karena tidak dapat menolak tawaran yang datang kepadanya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)