Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Air Hangat Tenangkan Anak Autis

Air Hangat Tenangkan Anak Autis

Mandi dengan air hangat memang sangat menyenangkan dan memberi sensasi nyaman. Tidak hanya itu, sebuah penelitian menemukan bahwa mandi dengan air hangat dapat menenangkan gejala autisme pada anak. Sementara itu, duduk berendam dalam air panas selama 1/2 jam juga disebut dapat membuat anak-anak lebih ramah dan tidak mudah mengulangi tindakan yang sama berulang-ulang.

 

Percobaan mandi air panas ini terinspirasi dari pengamatan beberapa kasus ketika gejala autisme mereda saat seorang anak mengalami demam. Untuk mengetahui lebih lanjut, para peneliti di Amerika Serikat meminta 10 anak autis berendam di pemandian air panas dengan 2 temperatur yang berbeda, serta meminta orangtua dan dokter mereka untuk menilai perilaku mereka.

 

Dalam konferensi tahunan American College of Neuropsychopharmacology disebutkan, duduk di air bersuhu 390C selama 1/2 jam menghasilkan peningkatan dalam kemampuan berkomunikasi dan penurunan perilaku repetitif mereka. Namun, jika suhu air lebih dingin 20 atau 30C, tidak akan membawa pengaruh bagi mereka.

 

Saat ini, para peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York sedang mempelajari bagaimana suhu yang lebih tinggi dapat membantu memulihkan mereka. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)