Type Keyword(s) to Search
BABY

Agar Si Kecil Tidur Nyenyak

Agar Si Kecil Tidur Nyenyak

Beberapa anak mungkin kerap bangun lebih awal dari orangtuanya. Tak jarang, hal tersebut pun membuat waktu tidur Anda terganggu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya, karena gigi susu yang akan tumbuh, kondisi kamar yang kurang nyaman, kamar yang terlalu terang, suhu udara yang terlalu panas atau dingin, atau karena menempati kamar yang berbeda.

 

Jika kondisi ini dibiarkan dan menjadi kebiasaan rutin, dikhawatirkan Si Kecil akan mengalami perubahan perilaku. Si Kecil bisa menjadi mudah rewel, merajuk, marah, dan tersinggung. Selain itu, daya tahan tubuhnya bisa menurun, sehingga mudah terserang penyakit. Berikut tip M&B untuk mengatasi perilaku Si Kecil yang kerap bangun tidur lebih awal.

 

1.  Redupkan Kamar
Beberapa bayi cukup sensitif terhadap cahaya, terutama saat mereka tidur di malam hari. Menjaga cahaya dengan menyalakan lampu lebih redup di kamar mungkin bisa menjadi upaya yang baik untuk tetap membuat tidur Si Kecil nyenyak.

 

2.  Perhatikan Suhu
Selain cahaya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah suhu kamar. Bila pengaturan suhu memakai pendingin ruangan (AC), Anda harus bisa mengatur temperaturnya. Suhu udara yang terlalu panas bisa menyebabkan Si Kecil gelisah karena berkeringat. Sementara itu, suhu yang terlalu dingin membuat Si Kecil banyak  buang air kecil, sehingga popoknya cepat basah dan penuh.

 

3.  Senyapkan Suara
Jika ia bangun tidur lebih awal, Anda bisa menyiasatinya dengan menutup rapat jendela, atau memasang tirai lebih tebal. Bila Si Kecil tetap terbangun, sebaiknya pindahkan ia di kamar yang jauh dari suara bising. 

 

4.  Kurangi Tidur Siang
Untuk menghindari Si Kecil bangun lebih awal, Anda bisa mengurangi waktu tidur pagi atau siang Si Kecil. Isilah waktu tidur itu dengan kegiatan bermanfaat, seperti berjalan-jalan, bermain untuk menstimulasi perkembangan otaknya, atau bersosialisasi dengan mengunjungi rumah saudara atau teman. Dengan menambah aktivitas motorik dan fisik, serta mengurangi waktu tidur, maka tidur malam Si Kecil akan lebih nyenyak.     

 

5.  Aktivitas Sebelum Tidur
Ajaklah Si Kecil melakukan aktivitas ringan di tempat tidur, jika menjelang tidur malam, ia masih terlihat segar atau belum mengantuk. Bermain, bernyanyi, bercanda, atau membaca di atas tempat tidur adalah aktivitas yang dapat Anda lakukan. (Aulia/DMO/Dok. M&B)