Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Digulai atau dimakan sebagai lalapan bersama sambal. Buat penyukanya, cita rasa daun singkong memang khas dan bikin ketagihan. Apakah Moms termasuk salah satu di antaranya?

Daun singkong memiliki kandungan gizi mikro dan makro. Zat gizi makro yang ada pada daun singkong antara lain serat, karbohidrat, folat, asam amino esensial, dan protein. Sedangkan zat gizi mikro yang ada di dalam tumbuhan ini, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, zinc, magnesium, dan mangan.

Daun singkong yang masih muda punya kandungan protein, mineral, dan vitamin yang sangat tinggi. Mengandung berbagai zat gizi, daun singkong bisa membantu metabolisme tubuh Anda lho, Moms. Namun di sisi lain, ada senyawa aktif di dalam daun singkong yang bisa memicu rasa pusing dan menyebabkan asam lambung naik.

Lantas, apakah daun singkong masih tetap aman untuk dikonsumsi ibu hamil? Jawabannya, aman asalkan porsinya tidak berlebihan. Perlu diketahui, daun singkong juga bisa meningkatkan tekanan darah dan kolesterol apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Baca juga: Deretan Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil

Berikut ini beberapa manfaat daun singkong untuk bumil jika dikonsumsi dalam batas wajar.

1. Membantu proses pembentukan sistem antibodi

Antibodi alias sistem kekebalan tubuh diperlukan oleh tubuh kita untuk mencegah timbulnya penyakit serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Nah, daun singkong mengandung protein untuk pembentukan antibodi buat bumil.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Seperti telah disebutkan, daun singkong punya kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat kandungan serat ini juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan bumil. Dengan begitu, bumil pun akan terhindar dari gangguan pencernaan, termasuk sembelit atau bahkan diare.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Daun singkong juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Seperti diketahui, bumil biasanya kehilangan banyak kalsium sehingga rentan mengalami masalah tulang dan gigi. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium serta fosfor saat hamil, salah satunya daun singkong.

4. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral janin

Sayuran berdaun hijau ini kaya kandungan asam folat dan kalsium. Selain itu, daun singkong tinggi kandungan mikronutrien seperti mangan, potasium, serat, zat besi, dan vitamin untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan janin.

Baca juga: Ini Manfaat dan Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil

5. Membantu pembentukan janin

Daun singkong juga mengandung vitamin A yang tentu saja bermanfaat untuk membentuk dan membantu fungsi pengelihatan janin. Selain itu, daun singkong mengandung banyak zat serta protein yang bisa membantu membentuk jaringan tubuh pada janin di dalam kandungan. Kandungan zat-zat pada daun singkong juga punya peranan yang penting dalam pembentukan darah.

Efek penyakit khusus

Pada umumnya, daun singkong cukup aman untuk dikonsumsi bumil. Namun, buat Moms yang punya riwayat penyakit tertentu, seperti darah tinggi, maag, dan kolesterol, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila ingin menyantap masakan yang terbuat dari daun singkong.

Selain itu, pilih daun singkong yang masih segar dan muda agar kandungan gizinya juga lebih baik. Jadi makan daun singkong saat hamil? Kenapa tidak! (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)