Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Memilih Camilan Sehat untuk Ibu Bekerja

Tips Memilih Camilan Sehat untuk Ibu Bekerja

Hobi ngemil saat deadline? Sepertinya kebiasaan yang satu ini memang sangat akrab dengan gaya hidup para pekerja ya, Moms. Sebenarnya menikmati camilan atau biasa disebut ngemil bukan masalah, asalkan pilihan camilannya sehat (bukan gorengan pinggir jalan, ya).

Lalu bagaimana dong memilih camilan sehat dan tepat untuk para ibu bekerja? Simak penjelasan dari dr. Raissa Edwina Djuanda, M.Gizi, SpGK, seorang dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah – Puri Indah.


1. Camilan Bukan Pengganti Makan Utama


 "Tidak ada yang melarang mengonsumsi camilan, asalkan bijak dalam memilih. Konsumsilah camilan yang sehat dan jangan menjadikan camilan sebagai pengganti makanan utama," tulis dr. Raissa, pada Health First volume 44.


2. Batasi Konsumsi Camilan


Tidak hanya jenis camilan yang harus Anda pilih dengan baik, jumlahnya pun harus Anda perhatikan. "Sebaiknya batasi konsumsi camilan 100-200 kkal setiap kali," jelas dr. Raissa, yang tahun ini mendapatkan sertifikasi obesity medicine dari Harvard Medical School. Menurutnya, membatasi jumlah camilan sangat penting untuk menghindari kelebihan kalori pada tubuh.


3. Pilihlah Karbohidrat Kompleks


Lebih sehat, lebih mengenyangkan, dan lebih baik untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Itulah tiga alasan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, dibandingkan dengan karbohidrat simpleks. Contoh karbohidrat kompleks yang bisa Anda pilih untuk makan siang atau camilan, adalah nasi merah, kacang polong, dan roti gandum.


4. Hindari Camilan Ini


Dokter Raissa menyarankan Moms agar membatasi konsumsi camilan yang:

* Digoreng

* Cepat saji

* Diproses terlalu lama

* Makanan kaleng

* Makanan instan

* Minuman manis


5. Camilan yang Disarankan


Sesibuk apa pun Anda di kantor, jangan lupa untuk selalu memilih menu makan siang dan camilan yang sehat. Pastikan Anda menerapkan pola makan gizi seimbang, yang mencakup kebutuhan makronutrien dan mikronutrien yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

"Cara paling mudah dilakukan adalah isilah piring Anda dengan seperempat karbohidrat, seperempat lauk-pauk, dan setengah sayuran dan buah-buahan," jelas dr. Raissa. Lalu apa jenis camilan yang disarankan? Ini contohnya:

* Buah

* Sayur

* Yoghurt

* Susu rendah lemak

* Biskuit gandum

* Smoothie (Tiffany/SW/Dok. Freepik)