Type Keyword(s) to Search
BABY

Waspadai Masalah Kulit Si Kecil

Waspadai Masalah Kulit Si Kecil

Kulit bayi memang lebih rentan dibandingkan kulit orang dewasa, terutama terhadap infeksi bakteri dan zat berbahaya. Selain itu, bayi juga cenderung mudah bereaksi terhadap alergen.

 

Pada beberapa minggu pertama setelah lahir, bayi memang sering mengalami beberapa masalah pada kulit, yang umumnya akan cepat hilang dan mudah diatasi. Apa saja? Cek 5 masalah kulit dan penanganannya berikut ini!

 

1.  Ruam demam
Jerawat kecil berwarna merah muda ini sering timbul di seluruh tubuh. Hal ini disebabkan karena kondisi suhu dan kelembapan yang tinggi. Hindari pakaian yang tidak nyaman dan suhu ruangan yang terlalu panas untuk bayi. Gunakan saja pakaian yang agak longgar. Rajin membersihkan dan mengeringkan kulit Si Kecil secara menyeluruh juga dapat membantu.

 

2.  Jerawat pada bayi
Jerawat ini berupa bintik-bintik merah muda di wajah. Ketika bayi lahir, mereka masih membawa hormon Sang Ibu. Hal inilah yang menyebabkan munculnya jerawat pada bayi. Umumnya,  jerawat ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu pertama. Jika tidak, segera konsultasikan ke dokter Anda.

 

3.  Kulit kepala berkerak atau bersisik (cradle cap)
Kelenjar yang terlalu aktif pada kulit kepala bayi Anda dapat menyebabkan munculnya cradle cap. Usap lembut dengan baby oil, dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, beri sampo bayi, dan kemudian gosok perlahan dengan menggunakan sisir bayi.

 

4.  Lecet
Bila ada bekas gesekan karena pakaian bayi yang terlalu ketat, bersihkan, bilas, dan keringkan kulit secara menyeluruh. Kemudian, gunakan losion atau krim bayi. Hindari pemakaian baju, celana, atau popok yang memiliki karet terlalu ketat, agar tidak menimbulkan bekas.

 

5.  Eksim
Dermatitis atopik atau eksim adalah kondisi kulit genetis umum. Setelah mandi, bersihkan dan keringkan kulit secara menyeluruh. Gunakan produk bayi yang khusus untuk kulit sensitif, dan konsultasikan dengan dokter anak atau ahli kesehatan Anda. (Aulia/DMO/Dok. M&B)