Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Menyiapkan Anggaran Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga

Menyiapkan Anggaran Liburan Tahun Baru Bersama Keluarga

Moms, akhir tahun sudah di depan mata. Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru. Nah, mendekati pergantian tahun, apakah Anda dan keluarga sudah merencanakan untuk pergi liburan tahun baru bersama keluarga? Kalau iya, sudahkah Anda dan pasangan mempersiapkan anggarannya?

Menurut Prita Hapsari Ghozie, financial planner, saat liburan, kebanyakan orang menghabiskan 110-150 persen dana dari total anggaran yang dibuat. Itu artinya pengeluaran selama berlibur jadi membengkak dan melebihi anggaran yang Anda dan suami perkirakan. Tentunya hal ini akan membebani keuangan Anda pasca berlibur. Bukannya fresh, bisa jadi Anda dan suami malahan semakin pusing setelah liburan. Nah, agar kejadian seperti itu tidak terjadi, Moms bisa ikuti trik berikut ini.


Perencanaan

Liburan secara spontan biasanya justru akan menghabiskan dana lebih besar dibandingkan dengan liburan yang terencana. Karena itu, hal paling utama yang harus Moms lakukan untuk menyiapkan anggaran liburan tahun baru bersama keluarga adalah membuat perencanaan.

Anda pasti tidak mau saat pulang dari berlibur isi dompet dan tabungan Anda menipis atau tagihan di kartu kredit malah melonjak. Jadi, penting untuk membuat perencanaan anggaran agar Anda dan suami tidak menghamburkan uang dengan sembarangan. Akan lebih baik lagi jika Moms dan suami punya tabungan khusus untuk anggaran liburan keluarga.


Transportasi dan Akomodasi

Jika Moms dan keluarga berencana pergi berlibur ke luar kota atau luar negeri, maka perhitungkan biaya transportasi dan akomodasi yang merupakan komponen terbesar dalam anggaran liburan. Sebelum menyusunnya, tentukan tujuan, waktu keberangkatan, dan lama perjalanan. Pastikan tujuan yang Anda pilih sesuai dengan keinginan dan budget Anda ya, Moms.


Internet dan Aplikasi

Untuk mendapatkan harga tiket dan akomodasi yang murah dan terjangkau kantong, Moms harus rajin mengecek internet. Siapa tahu Anda beruntung mendapatkan program diskon dan promosi menarik lainnya.

Saat ini juga telah tersedia banyak aplikasi yang bisa memberikan solusi buat kebutuhan wisata Anda dan keluarga, mulai dari tiket pesawat, kereta api, atau bus; hotel dan penginapan; penyewaan mobil; hingga kuliner. Anda bisa cari informasinya dan membuat perbandingan biaya transportasi, tarif hotel atau penginapan yang satu dengan yang lain, jadi Anda sudah langsung bisa memperkirakan biaya yang diperlukan untuk penginapan selama berlibur.


Informasi

Jangan ragu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat tujuan liburan Anda. Pelajari dan pilihlah moda transportasi yang biayanya ramah untuk kantong Anda. Untuk penginapan, Anda bisa memilih guest house dibandingkan hotel. Namun tetap perhatikan kenyamanan buat Si Kecil juga ya, Moms.


Makanan

Biaya membeli makan bisa melebihi anggaran Anda jika tidak dilakukan dengan cermat. Untuk itu, saat memilih restoran atau tempat makan, pastikan harga makanan tertera dengan jelas di setiap menu yang disediakan. Jika tidak, Anda bisa menanyakan harganya terlebih dahulu agar tidak 'ditembak' saat harus membayarnya kemudian.


Kesehatan

Sering karena antusiasme tinggi untuk merayakan tahun baru, kita jadi lupa beristirahat, lupa makan atau makan seadanya. Saat berlibur, Anda mungkin tidak akan merasakan kelelahan karena asyik menikmati liburan. Namun, biasanya setelah pulang berlibur, Moms atau suami atau mungkin juga Si Kecil bisa terserang penyakit. Karena itu, perhatikan kesehatan Anda sekeluarga. Jika perlu, siapkan anggaran untuk membeli obat-obatan atau vitamin untuk berjaga-jaga dan mencegah penyakit yang datang usai libur akhir tahun.

Selamat liburan menyenangkan dengan keluarga Anda, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)