Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Makan Oatmeal, Ini yang Harus Diperhatikan!

Ibu Hamil Makan Oatmeal, Ini yang Harus Diperhatikan!

Makanan sehat yang harus dikonsumsi saat hamil memang banyak ragamnya. Tak hanya sayur dan buah, bumil juga bisa mengonsumsi oatmeal yang baik untuk menambah nutrisi untuk dirinya dan janin dalam kandungan.

Menurut US Food and Drug Administration, bumil disarankan untuk mengonsumsi makanan biji-bijian utuh seperti oat, gandum, dan barley, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Sekilas, oatmeal mirip dengan gandum utuh. Namun, oatmeal dan gandum adalah dua hal yang berbeda. Gandum merupakan salah satu serelia atau biji-bijian yang perlu diproses terlebih dahulu menjadi tepung sebelum dikonsumsi. Sedangkan oatmeal bisa dimakan utuh dengan hanya dimasak seperti biasa.

Moms bisa mengolah oatmeal dengan campuran air atau susu panas dan dimasukkan ke dalam microwave atau dimasak di atas kompor. Selain itu, agar tak bosan, Anda bisa menambahkan bahan lainnya, seperti sayuran, buah segar, atau buah kering sebagai camilan atau dinikmati saat sarapan.

Manfaat konsumsi oatmeal untuk ibu hamil

Agar Moms makin yakin untuk menikmati oatmeal sebagai camilan atau makanan sehari-hari, berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi oatmeal.

1. Serat dan protein

Setiap 100 gram oatmeal mengandung serat larut sebanyak 5,1 gram dan protein sekitar 16 gram. Kadar ini lebih banyak daripada gandum yang cuma punya 2,2 gram serat dan 13,7 gram protein. Hal tersebut membuktikan bahwa oatmeal bisa menjaga kesehatan pencernaan jadi lebih baik tentunya. Sedangkan protein akan membantu mengoptimalkan pembentukan dan perbaikan jaringan pada tubuh janin.

2. Kalsium dan magnesium

Kandungan kalsium dalam oatmeal bisa menambahkan kekuatan pada tulang dan gigi bumil. Selain itu, kalsium pastinya juga akan berguna untuk perkembangan tulang janin dalam kandungan, sehingga pertumbuhan Si Kecil akan lebih baik setelah ia lahir nanti.

Baca juga: Ini Manfaat dan Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil

3. Karbohidrat kompleks dan magnesium

Adanya magnesium yang terkandung dalam oatmeal akan membantu menjaga kadar gula dalam tubuh bumil dan mencegah risiko diabetes. Hal ini juga didukung dengan kandungan karbohidrat kompleks yang bisa menjaga berat badan bumil agar tak menjadi obesitas saat hamil dan setelah melahirkan.

4. Zat besi dan asam folat

Bumil butuh zat besi yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah. Hal ini untuk mengurangi risiko anemia serta membuat kulit, kuku, dan rambut Anda jadi lebih sehat. Sedangkan asam folat dalam oatmeal bermanfaat untuk mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat atau mengalami kelahiran prematur.

Baca juga: Hati-hati! Ini Dampak dan Tanda Kekurangan Zat Besi saat Hamil

Baca juga: Ini Ciri-ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

(M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)