Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Bahan Alami yang Ampuh Membersihkan Toilet di Rumah Anda

7 Bahan Alami yang Ampuh Membersihkan Toilet di Rumah Anda

Menghabiskan sebagian besar waktu di rumah di saat seperti ini bisa menguntungkan buat Anda lho, Moms. Ya, Anda mungkin saja akan jadi lebih perhatian dengan isi rumah, termasuk soal kebersihannya. Untuk mengisi waktu, tak jarang Anda mungkin akan bersih-bersih rumah dengan dibantu anggota keluarga.

Nah, salah satu bagian rumah yang perlu dibersihkan secara berkala adalah toilet. Penting untuk menjaga kebersihan toilet agar Anda dan anggota keluarga yang lain bisa merasa nyaman saat menggunakannya.

Moms mungkin akan mengunakan bahan-bahan kimia untuk membuat toilet di rumah terlihat bersih dan berkilau. Tetapi, alih-alih menggunakan bahan kimia yang bisa berisiko terhadap kesehatan, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang aman dan efektif untuk membuat toilet di rumah Anda bersih, lho! Berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan toilet, Moms.

1. Cuka putih

Cuka sudah lama digunakan untuk membersihkan noda peralatan rumah tangga yang terbuat dari keramik, termasuk untuk toilet. Bahkan selain menghilangkan noda, cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Selain itu, penggunaan cuka ini tidak akan memiliki efek dan resiko pada kesehatan tubuh.

Untuk menggunakannya dalam membersihkan toilet, Moms siram terlebih dulu toilet hingga bersih. Kemudian, tuang segelas cuka ke dalam toilet dan tunggu hingga 15 menit. Setelah 15 menit, sikat toilet hingga bersih dan kemudian siram kembali dengan air hingga bersih. 

Baca juga: Yuk, Bersih-Bersih Bersama Si Kecil!

2. Baking soda

Untuk membuat toilet bersih dan berkilau, Moms juga bisa mencampurkan baking soda dengan cuka. Tuangkan 2 sendok makan baking soda ke dalam toilet dan biarkan semalaman. Esok harinya, Moms siram dan kemudian tambahkan segelas cuka dibarengi dengan menyikat toilet tersebut dengan cepat. Setelah selesai, langsung siram dan hasilnya toilet akan kinclong, bersih, dan bercak kotoran yang membandel pun hilang seketika. Selain membersihkan toilet, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi. 

Baca juga: 10 Cara untuk Detoks Rumah Anda

3. Air lemon dan boraks

Selain cuka dan baking soda, bahan alami yang bisa membantu membersihkan toilet adalah air perasan lemon dan juga boraks. Bahkan campuran keduanya bisa digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga lainnya. Bersihkan dahulu toilet, dan masukkan boraks ditambah air perasan lemon ke dalam kloset toilet. Diamkan sejenak, minimal 30 menit, dan sikat kemudian langsung siram kembali.

4. Pasir laut

Kurang pas jika toilet sudah bersih, kinclong namun lantai di sekitarnya masih kotor. Selain tidak enak dilihat mata, lantai yang dibiarkan kotor juga bisa menjadi sumber penyakit lho, Moms. Untuk itu, Moms bisa sekaligus membersihkannya tanpa harus menggunakan pembersih khusus lantai, namun dengan pasir laut. Selain mengikis kotoran yang menempel, lantai sekitar toilet pun akan menjadi kesat kembali sehingga Anda tidak mudah terpeselet.

Untuk prosesnya, Moms bisa taburkan pasir laut di lantai sekitar toilet atau kamar mandi dan gosok menggunakan sikat hingga bersih. Gosok lantai hingga ke sudut-sudut toilet dan lakukan ini sambil menyiram dengan air hingga bersih.

Baca juga: 13 Cara Hindarkan Penyakit dengan Detoks Rumah Anda

5. Tea tree oil

Selain untuk perawatan tubuh, tea tree oil juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan toilet di rumah. Kandungannya bahkan mampu membantu menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam toilet.

Cara menggunakannya, campurkan tea tree oil dengan setengah gelas baking soda dan satu gelas air, kemudian aduk. Setelah tercampur, tuangkan cairan tersebut ke dalam kloset toilet dan sikat sampai bersih. Kemudian siram dengan air hingga bersih.

6. Asam sitrat

Bahan alami yang sering digunakan untuk membuat kue ini ternyata bisa juga digunakan untuk membantu membersihkan toilet, Moms. Sama dengan bahan-bahan alami di atas, menggunakan asam sitrat ini cukup dengan menaburkannya di toilet yang sebelumnya telah Anda siram. Setelah itu, diamkan kurang lebih satu jam sehingga kotoran yang menempel bisa dengan mudah dibersihkan.

Setelah satu jam, Moms siram dengan air bersih dan lap hingga benar-benar kering. Dijamin toilet di rumah akan putih berkilau dengan cepat.

Baca juga: Tips Cepat Membersihkan Rumah

7. Belimbing wuluh

Selain untuk menyegarkan masakan, belimbing wuluh juga bisa Anda pakai untuk membersihkan toilet yang memiliki noda kuning. Caranya mudah, Moms! Cukup gosokkan irisan belimbing wuluh pada area toilet yang memiliki noda kuning, diamkan hingga kering. Sikat dan siram dengan air. Noda kuning di toilet akan pudar dengan cepat dan toilet pun menjadi bersih kembali.

Itulah 7 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan toilet di rumah. Toilet yang bersih akan membuat anggota keluarga dan tamu yang berkunjungi merasa nyaman dan yang paling penting jauh dari sumber penyakit. Selamat mencoba, Moms! (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)